nhk

Avgas Buat Balap Langka!

 

 

Jelang seri 3 Motorprix di Sentul Kecil, avgas menghilang dari pasaran. “Sejak seminggu ini, avgas susah dicari. Katanya tidak ada pesawat terbang,” kata Darojat, mekanik from Kudus, tapi kerja di Jogja. Dia menyesal, karena keburu mengirim beberapa drum plastik (30 liter) ke Malang. Sekarang, habis. Ya, ludes.

Jogja jadi parameter tersedianya avgas yang sampai sekarang tetap disebut bensol. Tidak apa-apa, sulit diluruskan. Hanya akan habis waktu mengajari pengertiannya, walau kedua jenis bahan bakar itu beda. Tim-tim Jakarta saja, pesan ke Jogja. Daerah ini dekat dengan dua bandara yang pesawatnya pakai avgas.  

Bukan rahasia, avgas yang beredar di komunitas balap adalah sisa dari pesawat rotari. Itu  lho, tempat calon pilot AU berlatih. Termasuk juga masih ada pesawat sejenis yang dipakai antar daerah yang landasannya masih sangat pendek.

Buat pesawat, sekali isi hanya sekali terbang. Sisa bensol harus dikuras, karena bisa membahayakan pakai yang bekas. Maklum, pesawat bukan motor yang kalau mogok bisa didorong. Kalau pesawat mogok, ya jatuh. Pesawat yang dimaksud bukan pesawat jet, tapi pesawat bermesin rotari yang masih pakai piston. Kalau mesin jet bahan bakarnya avtur setara minyak tanah.

Makanya kualitas bensol juga naik turun. “Sering dapat kualitas kurang bagus, tetapi bagaimana lagi. Susah dicek mutunya,” ujar Mosik Priyonggo, mekanik Honda Tunas Jaya saat ditemui di Mandala Krida saat Hokky Krisdianto berlatih. “Saya pun tinggal tiga liter, ya di tangki motor itu,” tunjuk Hokky.

Tapi, itu agak dimentahkan Jeany Momo yang hadir di Seri 3 MotorPrix di Sentul Kecil (SK) pada 5-6 mei 2012. Dia kebetulan juga pedagang avgas di kawasan Jawa Timur. “Avgas itu bukan barang murah, sulit dibawa ke mana-mana dan harus hati-hati. Saya agen resmi,” tutur Jeany yang memimpin Honda Jeany JHOO Kheevalindo ikut MP ini.

Jeany juga sembari menunjukkan surat-surat resmi penjualan avgas. Dia juga dari Surabaya membawa pesanan tim Aris Putra dan Dumasari. ”Avgas harus dicari di agen resmi. Saat ini avgas agak sulit kalau di eceran. Di saya asal pesan sebelumnya, pasti saya bawakan. Tapi, saya tidak melayani eceran,” cerita Jeany.

Oooo, mungkin ecaran ini yang susah. Kyai Pradah, adit


BERITA TERKAIT:
Road Race Subang, Pemula Harus Disiplin
HRC Solo Rce-2 MP1, Dipetik Nurgianto
HRC Solo Race-1 MP1, Akhirnya Owie…!
MotoPrix Kenjeran, Kuncian Yoga Di Race-2 MP2
Motoprix Kenjeran, Pemula Tamat Di Region
MotoPrix Kenjeran, Fedri Dapat Durian Race-2 MP1
MotoPrix Kenjeran, Loncatan Zaki Di Race-1 MP2

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353