nhk

Bagian Motor Yang Butuh Gemuk Dan Oli

ManiakMotor – Pelumasan onderdil motor di luar mesin, ada yang  butuh oli dan gemuk. Ini jangan terbalik, mestinya oli malah diberi gemuk. Walau sama-sama pelumas, masing-masing ada fungsinya.  

Bagian yang dilumasi oli benaran atau cairan semprot yaitu, kabel gas, persendian pijakan kaki, kabel kopling, rantai dan standar samping. Alasannya, oli tidak mudah mengering dan menangkap kotoran pada bagian-bagian tersebut.

Gemuk walau tahan lama, kalau di daerah terbuka malah jadi bumerang. Gemuk akan bikin ‘kurus’ benda yang bergesekan. Saking kental dan lengket, gemuk dengan mudah menangkap pasir dan kotoran lain. Nah kotoran ini yang akhirnya bergesekan benda dan  akhirnya bikin kurus alias aus dan macet.

Makanya gemuk lebih dianjurkan penggunaannya pada areal tertutup. Misalnya tuas gas, as roda, pedal rem, lengan ayun, bearing kemudi, dan laher as roda. Sifat gemuk saat mendapat tekanan dan panas, dia akan jadi kurus. Hehehe, maksudnya mencair, tetapi saat dingin, kembali jadi gemuk yang kental.

Semoga tipsnya berguna. Adib

BERITA TERKAIT:
Tips Performa, Dengan Selang 5 mm Top Speed Naik
Tips Huss, Usir Geresan Pada Cat
Tips Standar, Setel Klep Jupiter Z
Tips Sederhana Deteksi Kesehatan Sokbreker Teleskopik
Tips Meredam Bunyi CVT Matik



BAGIKAN