nhk

Bahan Honda Legenda 2003 Jadi Street Cub Racing Boy, Termahal Indonesia

ManiakMotor – Aslinya ini Honda Legenda 2003. Tapi wujudnya seperi Honda C70 yang dimodifikasi jadi street cub. Pakai barang Racing Boy dengan kaki-kaki gambot. Wujudnya lihat sendiri pada foto deh. Jadi motor pajangan PT Enwan yang membawahi produk RCB, UMA Racing, Knalpot Proliner, R9 dan sebagainya di Indonesia.

Tampang kesuluruhan memang berhasil mewujudkan konsep street cub. Fokusnya pada kaki-kaki besar tadi. “Dengan velg belakang 3.5 inci dan depan 2.5 inci, lengan ayun dan fork depan permak total,” papar Robby Ganie dari divisi R&D PT Enwan yang bermarkas di Cikupa, Tangerang, Banten tersebut.

Sambil mengendara beginilah panelnya

Tentu saja lebar dudukan lengan ayun disesuaikan agar roda yang besar yang nebeng di situ. Untung saja ada lengan ayun aluminium produk RCB yang kokoh dan mantap penampilannya. Lengan ayun ini ikut mengajak artistik kaki-kaki belakang. Belum lagi yang dipadukan dengan sokbreker ganda RCB yang tipe DB5 Series yang elegan. Sokbreker ini juga sangat  fungsional meredam ayunan yang lebih besar dengan kaki-kaki tambah besar bersama ban belakang Zeneos 120/80-17, bro.

Sedang dudukan sokbreker depan atau segitiga diganti dengan almu juga yang lebarnya 120 mm. “Urusan ini yang mengerjakan tukang bubut. Penyesuaiannya velg 2.5 inci bisa masuk,” tambah Robbie yang termasuk detil mengerjakan konsep street cub.  Maklum, barang-barang telah tesedia.

Supaya jadi street cub benaran yang berawal dari Honda C70, sokbreker depan sebenarnya juga masih C70. Masih sistem lengan. Hanya saja, pegasnya yang difungsikan. Agar depan mendapatkan rebound pada sisi lengannya diberi hidraulik. Hasilnya ayunan depan tetap empuk seperti umumnya sokbreker teleskopik menehan velg dengan ban Zeneos 100/80-17. .

Variasi lainnya pokoknya mantap semua dari RCB deh. Lihat saja cakram 240 mm depan bersama kaliper dari RCB. Belum lagi pijakan kaki RCB yang aslinya buat R15. Setang kemud bersama dudukanya atau riser dari RCB yang aslinya buat NMax. Di ujung-ujung setang ada handel dan master rem RCB. Mantap punya.

Mesin hanya disegarkan dengan korek sikit pada kem dan porting. Makanya menggunakan karbu Mikuni TM28. Knalpotnya R9 yang gagah tipe GPX. Dan katanya total dana baut membangunnya adalah Rp 18 juta. Ya itu termahal di Indonesia untuk urusan street cub.  MM

BACA JUGA

 

 

BAGIKAN