nhk

Balap Malam, Jangan Dilarang Dong…

ManiakMotor – Balap malam justru asyik. Balap ini sudah ada di Indonesia, sebelum Qatar heboh. Misalnya, 1992 di Indonesia pernah ada supercross malam di Stadion Kuningan, Jakarta Selatan.  Lalu, Jogja dan Surabaya jadi tradisi setiap  malam pergantian tahun diisi road race. Itu telah berlangsung lima tahun belakangan.

Irwan Ardiansyah antara setuju dan tidak. Ia setuju jika lampu tidak memadai. Itu pun, ditentukan saat inpeksi sirkuit. Juga syarat dikeluarkan PP IMI soal kapasitas watt dan voltase lampu paling aman. “Termasuk posisi lampu, agar pencahayaan tidak mengganggu pandangan. Kalau semua tidak memadai, monggon dilarang. Toh, sampai saat ini belum ada kecelakaan fatal saat balap malam,” jelas Irwan yang pembalap sekaligus pemilik Gandasari Nissin Pertamina.  

PP IMI melalui surat edaran no.199/IMI/OLRG/D/IV/2012 yang isinya; pengprov IMI di Indonesia DILARANG mengeluarkan surat rekomendasi balap malam khususnya road race. Surat edaran ini ditandatangani Kepala Departemen Olahraga PP IMI, Bambang Gunardi,  7 April 2012.

Bambang Gunardi saat dihubungi masih di Colombo. Katanya, baru Sabtu depan atau 28 April mereka akan duduk bersama membahas persoalan itu. Termasuk, ikut membahas regulasi kejurnas 250 cc yang heboh baru lalu. “Wajar dilarang. Sebab, road race kecepatannya di atas 100 km/jam. Jika keadaan lampunya seperti yang ramai sekarang, sangat tidak layak,” dukung A. Judiarto, Ketua Pengprov IMI DKI, tanpa menjelaskan solusinya.

Hanya melarang tanpa ada alasan kuat, bisa-bisa juga MotoGP di Qatar dilarang FIM. Itu motor MotoGP kecepatannya di atas 300 km/jam. “Yamaha ikut aturan. Apalagi alasannya safety. Ikuti saja,” ujar Ari Wibisono, Manager Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). YMM dalam agenda Yamaha Cup Race tahun ini, tiga serinya mencanangkan balap malam..

Handoko Halim dari Montez Sport Club (MSC), setuju bicara keamanan pembalap, penonton dan panitia. Tetapi, tidak aman seperti apa kan ada penjelasannya. “Jadi mari lihat kasus per kasus. MSC misalnya, sengaja tidak menggunakan satu pembangkit listrik. Tetapi, ada 60 titik lampu dan 6 mesin diesel yang disediakan. Gunanya, jika ada masalah tidak semuanya mati,” jelas Handoko.

Di Losail, Qatar juga begitu pak.

BERITA TERKAIT:

 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAGIKAN