nhk

Balap Malam Soreang, Makin Dingin Karena Hujan

 



ManiakMotor – Night race butuh penyesuaan fisik dan trik dalam teknis membalap. Bukannya malah segar, justru sebaliknya. Bagi atlet, saat jam-jam lomba, biasanya mereka sedang  ngorok. Tetapi, di saat sama mereka dituntut harus tepat menjalankan isyarat-isyarat jalur yang tidak boleh meleset. Padahal, penerangannya jelas beda dengan sirkuit Losail, Qatar.

Disuntik lagi event LA Light Open Road Race Championship 2012 (LLORRC) di Soreang, Bandung, 23 Juni malam sampai 24 Juni dini hari, dipandu Disc jokey (DJ). “Tidak ada maksud mengganggu konsentrasi pembalap. Ini hanya entertain. Balap bukan sportnya saja yang bisa ditonjolkan, tapi segi hiburan lain juga ditunggu penonton,” kata Handoko Halim dari Montez, penyelenggara LLORRC.

Nah, antara mau disko, mau balap, atau terkantuk-kantuk, itu urusan pembalap dan mekanik. “Sebetulnya fisik lebih terkuras balap malam. Ini waktunya istirahat bukan beraktifitas. Tubuh pasti aneh,”  jelas Arris Aditya  pembalap senior yang memperkuat  tim Hampsena Haspux Aditiya yang berlaga di LLORRC.

Indra penglihatan dan feeling harus menyesuaikan racing line. Mata harus awas pada semua keadaan, termasuk menentukan titik pengereman yang kadang patokannya tidak terlihat jelas,” timpal Arief Budiono, pembalap senior Jakarta yang mengaku ini sirkuit karakternya stop and go. Salah buka gas dan mematok pengereman, posisi akan diambil pembalap lain.

Apalagi sirkuit dadakan Soreang, malam itu disiram hujan. Malam semakin dingin, dong. Di sisi lain, umbrela girls dibayar untuk mayungi, bukan untuk memanaskan. Ngomong-ngomong ada gadis payung di sana, gak? Yang pasti, mata pembalap harus lebih awas. Jalur benar-benar dihapal. “Aspal akan memantulkan sinar lampu di kiri-kanan jalur. Untung hujan reda sejak jam 20.00,” tambah Irvan Chufenk, juga pelaga senior dari Tasik yang langganan ikut event Montez.

Sekadar basa basi, semoga tidak basi soal hujan. Ada salah satu yang ditakutkan MotoGP di balap malam, itu dia hujan. Seperti cerita tadi, pantulan sinar lampu akan mengacaukan indra penglihatan. Jalur berubah jadi cermin. Makanya, di Losail pernah hujan 2009 – kalau tidak salah – lomba ditunda sampai Senin. Tapi, Soreang bukan Losail. Lalu, Indonesia juga bukan Qatar. Trus, IMI dan FIM juga jauh kantornya.

Setiap hasil selanjutnya akan bisa langsung dilihat di RESULT. Adit  



BERITA TERKAIT:
Hasil LA Light Open Road Race Soreang, 23-24 Juni 2012
Road Race Malam Pangandaran
Balap Malam, Jangan Dilarang Dong…
Road Race Slawi, Pesona Kota Ayu
Road Race Banjar, Teknologinya Lebihi IndoPrix
Road Race Banjar, Deklarasi Geng
Road Race Banjarnegara, Mirip Di Le Mans
Klasemen Sementara MotoPrix Semua Region
Pemula MotoPrix, Milik ABG Dari Moto-X
 
 
 
BAGIKAN