nhk

Balap Motor Elektrik Diluncurkan Dorna Sport, FIM Enel MotoE World Cup

 

ManiakMotor – Sebenarnya balapan korek dinamo dan nantinya manajemen setrum aki ini, baru diadakan 2019. Tapi sudah didengungkan sejak sekarang. Malah sudah diluncurkan resmi pada 6 Februari 2018 di Roma, Italia oleh Dorna Sport sebegai penyelenggara. Mereka sebut FIM MotoE World Cup alias balap motor elektrik.

Kalau Dorna dan FIM sudah masuk berarti dekat dengan MotoGP. Bisa-bisa juga menggantikan motor bakar yang pakai bensin. “Dorna bersama FIM sangat bangga dengan era balap motor listrik. Ini opsi yang kami anggap paralel untuk balapan motor masa depan,” kata CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta pada peluncuran tersebut.

Katanya sudah ada 18 pembalap yang sudah mendaftar ikut serial balapan elektrik ini. Mereka menyebar pada tujuh tim privateer di MotoGP. Misalnya Tech 3, LCR, Marc VDS, Pramac, Avintia, Angel Nieto (dahulu Aspar) dan Gresini . Mereka akan dapat jatah dua unit motor elektrik. Sementara untuk melengkapi tim, akan diambil dari Moto2 dan Moto3.

Saat ini motor yang dikembangkan oleh Energica itu, sudah bisa memproduksi 147 hp. Katanya sih mampu melesat dengan top speed maksimal 250 km/jam. Akselerasinya dari  0-100 km/jam cuma butuh waktu 3 detik. Sedangkan aki atau beterai bisa diisi hinggal 85 persen di bawah 30 menit.

Mantan bintang MotoGP, Loris Capirossi sudah banyak bicara. Lantaran dia yang  membantu pengembangan motor tersebut. “Berbeda dengan yang pernah saya kendarai seumur hidup saya. Tidak menyangka saat ini mengendari motor balap listrik, setelah pernah membalap dengan mesin 2T dan 4T,” sebut Capirossi.

Capirossi memuji-muji soal torsinya, walau motor tersebut tanpa suara. “Tapi ini kan baru awal, masih akan banyak pengembangan pada motor ini,” pungkas Capirossi yang saat menikung dan menempelkan dengkulnya di aspal, hanya suara sliding pad yang mengalahkan suara dinamo motor, hehe. Miolo

BAGIKAN