nhk

Balap Motor Listrik Dunia Lewat FIM Enel MotoE™ World Cup 2019, Siapnya Tim Besar Dan Pembalap

ManiakMotor – Motor listrik untuk dibalapkan rajin. Bahkan Dorna Sport telah merancang  titelnya yang disebut FIM Enel MotoE™ World Cup 2019. Roda dua berpenggerak dinamo itu, ddorong oleh FIM sebagai organisasi balap motor dunia. Juga dikelola Dorna si promotor kelas wahid penyelenggara MotoGP dan turunannya.

Maka bermunculan tim dan pembalap yang akan ikutan 2019. Baru lalu diumumkan  Bradley Smith setelah nggak dipakai KTM, dia menyatakan ke MotoE, “Balapan motor listrik sangat serius dirancang, maka kami mengambil Smith jadi pembalapnya,” sebut Razlan Razali, CEO Sirkuit Internasional Sepang yang membuat tim MotoE dan pembalapnya si Smith.

Dimensinya seperti Moto2

Juga diumumkan oleh LCR E-Team, mereka akan ada dua pembalap ikut kompetisi MotoE 2019. Yakni Randy de Puniet and Niccolo Canepa. Puniet adalah pembalap dari Prancis yang pernah di GP250 dan MotoGP. “Proyek ini merupakan tantangan baru. Ini bagian dari masa depan balap motor,” timpal Lucio Cecchinello, Bos LCR yang menjami mereka sudah punya ahli-ahli elektronik yang bisa bikin kencang itu motor listrik.

Spesifikasi motor MotoE ini setara dengan Moto2. Dia memiliki power 142 dk. Kecepatan tertingginya 270 km/jam. Dalam uji coba, kemampuannya diklaim sudah mampu berlari 30 menit atau sesuai target menempuh di atas 100 km lebih dikit seperti Moto2. Tentu ini beda dengan motor listrik dicoba presiden kemarin.

Sebagai tambahan lomba MotoE perdana akan dilimbakan di Jerez, Spanyol pada bulan Mei 2019. Lantas akan berlanjut ke Le Mans, Sachsenring, Spielberg dan Misano. Lomba lima ronde MotoE itu akan menjadi supporting race MotoGP 2019. MM

BAGIKAN