nhk

Balap Motor PON XVIII Riau. Kunci Sabar, Halus Dan Rapi

 

ManiakMotor – Mesin standar dibalapkan kudu dibawa sabar, rapi dan halus. Jupiter Z dan MX sebagai alat cabang olahraga bermotor di PON XVIII, ya harus diperlakukan begitu.

Terutama saat lomba yang berlangsung 11 September 2012 di sirkuit Bankinang, Kampar, Riau.  Jangan pakai ilmu kudu bro, nggak bakal mendulang emas…

Contoh sabar itu begini, dipancing masuk ke dalam tikungan jangan nafsu mengambilnya. Bila diambil berarti telah mengorbankan jalur pakemnya. Akibatnya saat keluar tikungan, musuh yang memacing sudah berhasil mendapatkan kecepatan. Dia telah melakukan pindah gigi pada percepatan lebih tinggi.

Sementara, “Yang terpancing masih berusaha memperbaiki jalur, karena mesin kehilangan tenaga. Mesin standar akan lambat naiknya pada peak power. Berarti lambat juga mengkoreksi racing line, itu yang membuat ketinggalan,” kira Hokky Krisdianto, pembalap yang telah dua kali ikut PON yang memperkuat Jawa Tengah saat dihubungi lewat bbm sebelum berangkat ke Riau.

Pembalap nafsuan harus terus diingatkan para mentornya menahan egonya. Nafsu jangan buru-buru melipat motor begitu dapat celah menyalip. Nafsu membentot gas sedalam-dalamnya, namun tenaga tak kunjung datang.  Ingat, putaran mesin harus dirawat menaikkannya dan jangan sampai drop sikit  pun ketika belum waktunya harus diturunkan.

Rapi maksudnya berlari pada teori jalur out-in-out. Itu baru dasar rapi. Masih banyak rapi yang yang lain. Kalau di manusia, out-in-out itu baru cerita potongan rambut. Belum kemaja, celana dan sepatu. Rapi menidurkan motor, rapi mencocokan selongsong gas dengan tenaga dan rapi memindahkan persneling sesuai permintaan mesin.   

Ahmad Jayadi, pembalap di masanya dikenal rapi, sabar dan penyayang, heheh, menyimpulkan sabar, rapi dan halus. “Di tikungan harus dijaga powernya. Mesin standar, gas sudah bisa dinaikkan lebih awal dengan halus juga. Hindari pengereman keras yang bikin motor sampai berhenti (stop and go). Ciptakan rolling speed, agar rpm tetap on,” ajar Jayadi yang sehari-harinya mengasuh Honda Daya Denso NHK Jayadi Racing di IndoPrix.

Semoga bermanfaat buat peserta, dan pasti berguna buat pemula yang baca tulisan ini. Itu selain cerita pembalap berbobot ringan juga punya kans, klik di BERITA TERKAIT. Mantap kan portal ini… Adit

BERITA TERKAIT:

Balap Motor PON XVIII Riau. Waspadai Muis Dan Triyugo

Balap Motor PON XVIII Riau, Kans Pembalap Ceking

Simulasi Kontingn PON DKI Di Kemayoran

Kelas Standar Showroom Di Balap Motor PON XVIII

Jagoan Balap Motor PON Masih Ikut ARRC Di Jepang

Skema Sirkuit Balap Motor PON Di Riau

Sudarmono Jajal Jupiter Z1 Injeksi Di Jepang, Ya Buat IndoPrix..!


BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353