nhk

Balap Suzuka 8 Jam : Yamaha Rebut Pole Position, Ekky Pratama Start ke-10

Ewc , 8h, Suzuka, 2017 , Free , Practice ,
Ewc , 8h, Suzuka, 2017 , Free , Practice ,

ManiakMotor – Setelah latihan resmi kemarin, para peserta balap Ketahanan Motor 8 Jam Suzuka memperebutkan posisi start terdepan alias pole position melalui sesi kualifikasi, hari ini (28/7). Kualifikasi (Q) berlangsung sebanyak enam kali terbagi dalam dua sesi. Setiap sesi untuk ketiga pembalap yang turun bergiliran (pembalap 1,2, dan 3).

Dari hasil dua kali kualifikasi, trio Yamaha K.Nakasuga yang mencatat 2:06.799, A.Lowes 2:06.405, dan M.Van der Mark 2:08.164  yang mengandalkan YZF-R1 berhak menempati posisi start terdepan. Dari akumulasi ketiga waktu tersebut didapat hasilnya 2:07.116 detik. Di Q1 pertama pagi, Nakasuga dan Lowes juga tercepat dan Mark kalah sama Honda.

Di samping mereka bertengger tim Yoshimura Suzuki dengan trio Sylvain Guintoli, Josh Brookes dan Takuya Tsuda. Pembalap motogp Jack Miller yang mewakili HARC-PRO Honda bersama Takumi Takahashi, dan calon pembalap motogp Takaaki Nakagami tampil sebagai tercepat ketiga.

Lomba yang diikuti 68 tim bertepatan dengan peringatan ke-40 penyelenggaraan Suzuka 8 Jam. Serunya, mampukah lima tim Eropa, Honda Endurance Racing, Tim Bolliger Swiss, EKO IV Racing BMW CSEU, Rabid Transit, dan Motobox Kremer Racing melibas tim pabrikan tuan rumah Yamaha, Honda, Suzuki, dan Kawasaki yang memakai pembalap Malaysia A.S.B Kamaruzaman.

Selain Kamaruzaman, ada H. Syahrin yang berlaga membela tim Kagayama. Ia bersama pembalap Kagayama dan N. Uratomo mengendarai Suzuki GSX-R1000L7. Di luar dugaan, Indonesia juga tampil melalui pembalap Ekky Pratama mengibarkan bendera Team Honda Asia. Ia sebagai pembalap pertama ditemani Zaghwan Zaidi (Malaysia) dam R Wilarot (Thailand).  Rizki

Hasil Kualifikasi

BAGIKAN