nhk

Ban FDR Peduli Lombok, Saatnya Bangkit dan Bangun Kembali, Menyusul Donggala Dan Palu

ManiakMotor – Musih tak kenal waktu, masih segar gempa yang mengguncang Lombok Utara pada 29 Juli 2018. Banyak korban jiwa dan materi ratusan ribu rumah hancur. Eh diberitakan gempa dan tsunami di Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah yang dapaknya besar juga.

Tapi yang sedang ditulis kepedulian ban FDR pada bencana Lombok. FDR bekerja sama dengan KUN Humanity System + melakukan kegiatan FDR Peduli Lombok di daerah Lombok Utara, Sabtu 29 September 2018. “Kegiatan FDR Peduli Lombok ini tidak hanya  pemberian bantuan beras, obat-obatan serta perlengkapan sekolah seperti buku tulis dan alat tulis, juga membangun ruang ramah anak yang diberi nama Tiok Gangga FDR,” kata Chamilus Ali Santo, direktur marketing PT Surayaraya Rubberindo Industries selaku produsen ban FDR dan Federal.

Tiok Gangga , pondopo untuk anak-anak

Hasil klinik medis posko satelit yang dilakukan KUN Humanity System + dan AMP FK Universitas Padjadjaran, jumlah anak-anak yang terjangkit ISPA dan alami luka-luka semakin meningkat. Hal ini terjadi karena tidak ada area bermain dan belajar sementara para orang tua sibuk memperbaiki rumah dan ladang mereka. Untuk itulah dibangun Tiok Gangga FDR.

Tiok Gangga berupa bangunan pendopo yang bisa digunakan untuk anak-anak bermain dan belajar, pelaksanaan kegiatan posyandu dan lain-lain. “Nama Tiok Gangga diambil dari bahasa lokal Lombok yang berarti tumbuh mengalir. Konsepnya untuk menyediakan area yang aman sekaligus mempersiapkan pemuda-pemuda lokal untuk menjadi kader. Itu lewat pendidikan anak usia dini dan pengenalan gejala trauma dengan mendeteksi dan memberikan pertolongan pertama terhadap trauma anak,” kata dr. Chandra Sembiring Meliala, CEO & Founder KUN Humanity System +.

Bantuan yang diberikan ini tidak hanya dari PT SRI, tapi juga dari seluruh main dealer FDR se-Indonesia. “Kami ingin mengucapkan terima kasih pada main dealer FDR. Dari dana yang terkumpul, kami dapat membangun Tiok Gangga FDR. Itu bermanfaat untuk warga terutama anak-anak untuk jangka waktu panjang,” kata Chamilus.

Rencananya dari donasi yang terkumpul akan dibangun 3 Tiok Gangga FDR.  Untuk tahap pertama, Tiok Gangga FDR akan di bangun di Dusun Senara, ssementara untuk dua bangunan lainnya di daerah lain yang membutuhkan. “Dusun Senara dipilih karena lokasinya cukup terpencil. Desa di sana alami banyak kerusakan karena berada di Lombok Utara yang merupakan pusat gempa,” ujar Chamilus lebih lanjut.

Bikers Gotong Royong

Dalam kegiatan FDR Peduli Lombok ini, FDR mengundang teman-teman bikers. Komunitas motor dari Bali ikut serta gotong royong memberikan bantuan yang dibutuhkan warga desa.

Sejak Jumat (28/9) sebanyak 50 bikers dari Bali berangkat dari kantor main dealer FDR di Denpasar, Bali, menuju Lombok Utara. Setibanya di lokasi, sebagian bikers bertugas untuk mendistribusikan bahan bantuan yang dibawa oleh FDR, dan sebagian lainnya beramai-ramai membangun Tiok Gangga.

Sore harinya biker Bali tersebut akan berkumpul dengan sejumlah biker Lombok untuk menghadiri FDR bikers gathering sekaligus deklarasi FDR Brotherhood. “Kami menyebutnya FDR Brotherhood karena kami ingin kegiatan yang diadakan oleh FDR tidak hanya sekadar kumpul-kumpul, juga membangun rasa persaudaraan dan solidaritas baik antar anggota maupun antar sesama klub motor,” kata Zandhy Utama, FDR sales & marketing division head PT SRI.

Tentang PT Suryaraya Rubberindo Industries

PT Suryaraya Rubberindo Industries (SRI) adalah salah satu perusahaan di dalam grup Astra yang merupakan anak perusahaan PT Astra Honda Motor (AHM). PT SRI berdiri sejak 1991 dan bergerak dalam bidang industri ban dan tube khusus sepeda motor. PT SRI memproduksi 2 merek ban dan tube, yaitu merek FDR  untuk semua merek sepeda motor dan Federal yang merupakan ban OEM dan after market sepeda motor Honda.

Dengan menggabungkan teknologi dari Jepang dan Jerman, PT SRI menghasilkan ban yang unggul dan sudah terbukti menjadi pilihan para pengendara motor dan pembalap di Indonesia dan Asia. PT SRI menghadirkan beragam pilihan terlengkap untuk beragam kebutuhan. Mulai dari ban untuk motor keseharian beraktivitas, hingga motor balap yang memacu adrenalin. Ban FDR bahkan telah menjadi ban resmi di sejumlah kejuaraan balap motor di tingkat nasional dan Asia.

KUN Humanity System +

KUN Humanity System + adalah organisasi kemanusiaan medis independen yang berkantor Jl. Dago Pojok No. 84. Informasi lebih lanjut mengenai KUN Humanity System bisa kunjungi situs www.kun.or.id. Untuk pemberian donasi bisa dilakukan ke Yayasan KUN Gerakan Manusia Bank Mandiri dengan no. rekening 1310018855777

 

BAGIKAN