nhk

Banjir? Jangan Takut Ada Rexco 20, Rexco 50 Dan Rexco 81, Pelumas Serba Guna, Usir Air..!

ManiakMotor – Motor libas bajir aman-aman saja jika tahu caranya. Tentu juga mengerti mengatasi langkah-langkah sebelum dan sesudah libas banjir. Termasuk sekalian bila terlanjur terendam, “Banjir terhadap motor akan menyerang kabel kelistrikan, mesin dan rantai penggerak,” papar  Tomy Tambrani, Marketing Manager Rexco.

BMKG melalui situs resminya telah melansir daerah-daerah rawan banjir yang akan terjadi pada bulan Januari, Februari dan Maret 2019. Prakiraan tersebut meliputi potensi banjir tinggi, menengah, rendah dan aman. Untuk itu, masyarakat diminta waspada dan diharapkan dapat membantu untuk melakukan kegiatan-kegiatan pencegahan akan terjadinya banjir yang lebih besar.

Produk Rexco

Bagi Anda pengendara sepeda motor roda dua harus lebih hati-hati. Banjir biasanya  akan menyebabkan jalanan yang rusak dan membuat lubang di mana-mana sehingga bisa menyebabkan kecelakaan.

Pengendara sepeda motor juga kerap dihadapkan dengan motor mogok akibat busi atau saringan udara motor yang kemasukan air. Jika keseringan mogok, tidak menutup kemungkinan mesin motor akan cepat rusak.

Supaya tidak rusak akibat terjangan banjir, pengendara perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

1. Saat melewati lokasi banjir, perhatikan ketinggian air jangan sampai melewati busi. Makanya perhatikan cop busi agar karetnya tertutup rapat. Juga bisa dilindungi dengan sealer dan gemuk. Kalau ini diabaikan, mesin akan mati saat kena air. Waspada juga, banjir jangan sampai melewti boks filter udara, karena air akan tersedot ke ruang mesin saat langkah isap.

2. Apabila terpaksa harus menerobos banjir, lebih baik matikan mesin sepeda motor Anda. Apabila air tersebut masuk saat suhu ruang bakar tinggi akan menyebabkan piston motor Anda pecah.

3. Masukkanlah selang tebal yang diameternya sama dengan lubang akhir knalpot. Hadapkan selang ke atas yang intinya harus lebih tinggi dari genangan. Tujuannya, napas mesin berlangsung normal saat motor tergenang. Tanpa selang, ya air akan tersedot secara alami oleh langkah kompresi lewat knalpot.

4. Apabila mesin keburu menyodot air dan busi terlanjur kemasukan air, semprotlah  pelumas pada kepala businya. Agar air cepat kerting dan tidak meninggalkan korosi. Salah satu pelumas yang bisa “mengobati” masalah adalah Rexco 50, pelumas serbaguna yang tidak menghambat kelistrikan dan udara pada motor.

5. Usai melibas banjir atau sebelum juga bisa, motornya menggunakan persneling yang otomatis pakai penggeral rantai, gunakan Rexco 25 untuk pelumasan rantai. Rexco 25 juga sebagai pelindung ketika rantai kena air.

6. Bagi motor yang throttle body (injeksi) dan karburator keburu sedot air, boleh membersihkannya dengan Rexco 81. Niscaya motor akan kembali normal hidupnya dan Anda berkendara dengan nyaman. “Tapi kalau mau irit, cukup pakai Rexco 50. Ini yang sifat serba guna,” tambah Tomy. Rilis dari Rexco

BAGIKAN