nhk

Banyak Sebab ‘Honda Mundur’ Dari IndoPrix 2015

 

ManiakMotor – Laporan yang masuk ke divisi sport Astra Honda Motor, bahwa IndoPrix di Sentul International Karting Circuit (Sentul Kecil)  ditonton 10.000 pasang mata. Itu laporan IP 2014, lho. Laporan ini soal penonton yang datang ke sirkuit langsung. Laporannya tentu dari panitia IP.

Laporan itu menurut sumber dari dalam divisi sport yang bikin kecewa mereka. “Laporan tidak sesuai kenyataan. Tribun Sentul Besar saja saat penuh nggak sampai 10.000. Seperti apa tribun Sentul Kecil? Setelah disurvei oleh badan survei independen yang dibayar AHM, hasilnya tidak seperti itu. Termasuk rating siaran langsungnya,” kata si sumber yang tak mau disebut namanya yang jelas dia sering datang setiap kali seri IP.

Itu baru salah satu mundurnya Honda dari IP mengenai laporan. Sebelumnya Anggono Iriawan   yang mengurusi sport AHM ogah menjawab terus terang. Katanya mereka akan melakukan evaluasi menyeluruh. “Honda sendiri nggak pernah resmi ikut IP. Yang ikut kan tim yang ditunjang Honda, tapi ini pun masih disurvei,” jelas Anggono.

Belakangan yang sudah menyebar ke semua tim Honda, AHM tegas tak akan mendukung tim yang dibayar Honda bermain IP. Bahkan Astra Motor Racing Team (AMRT) juga dengar-dengar termasuk di dalamnya. Padahal AMRT bukan di bawah langsung AHM, tapi perpanjangan dari Astra Otopart.

Selanjutnya adalah jumlah seri yang hanya 5 kali tanding dalam setahun. Kalau ini semua tim yang ikut IP telah mengeluhkan. Kata mereka sekali kalah telak di IP, jangan harap bisa juara. Ndak ada kesempatan melakukan perbaikan point untuk mengejarnya. Disebut kalah telak itu, salah satu satu race nggak dapat poin dan akan berantakan selanjutnya. Misal pembalap jatuh (nggak finish), motor bermasalah dan sebagainya.

Pada 2014 terhitung hanya empat seri, karena seri 4 IP yang berlansung di Sekayu, Sumsel sifatnya hanya Fun Race. Saat itu masalah aspal sirkuit yang rusak. “Bayangkan saja hanya empat seri. Yang lima saja kurang. Soal seri ini kan sejak Honda ikut IP sudah mengusulkan untuk ditambah. Pendeknya dan ujungnya manajemen AHM mempertanyakan prestasi apa yang telah dicapai Honda di IP,” tambah si Sumber.

Selanjutnya dan ini yang sayup-sayup resmi, pada 2015 AHM akan memperkuat event kalangan sendiri. Yakni one make race (OMR) yang dikenal dengan Honda Racing Championship. Juga akan mengalihkan balapan ke sport terutama yang berpusat di Sentul Besar. Kalau yang ini AHM malah yang duluan dengan OMR CB150R di IRS. Itu yang akan ditunjang. MM  

BACA JUGA 

IndoPrix 2015; IP150 Tetap Supporting Race? IP110 dan IP125 Seperti Biasa!

Rakernas PP IMI 2014: Road Race Bebek 110 TU Seeded Di Bawah 20 Tahun 2015

Indoprix 2014: Fitriansyah Kete Sikat Double Winner Bersama Ban FDR, Ban Segala Motor!

 

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353