nhk

Batalnya MotoGP Inggris 2018, Miller Sindir Para Senior Nggak Bernyali, Minim Teknik Hujan!!!

ManiakMotor – Seperti dilaporkan, ada beberapa pembalap yang ngotot GP Inggris 26 Agustus tetap dibalapkan. Sayang mereka hanya minoritas saat pertemuan dengan Safety Commission atau Komisi Keselamatan. Mereka kalah suara dari yang setuju balapan dibatalkan.

Di antaranya adalah Jack Miller (Pramac Ducati), Johann Zarco dan Scott Redding. Mereka punya alasan sendiri, untuk tetap berlomba, “Kami dibayar untuk balapan, bagaimana pun kondisinya. Sayang, beberapa pembalap terlalu mudah menyatakan kondisi tidak aman,” papar Miller di depan televisi Dorna seperti dicerikan Speedweek.

Orang Australia malah mengajari para senior yang punya argumen pada aquaplaning. Maksudnya, genangan-genangan yang nggak mau mengalir di sirkuit Silverstone, kinerja profile atau kembang ban basah akan kesulitan ‘membuang’ air. Pada akhirnya ban malah mengapung dan grip hilang sama sekali atau aquaplaning tadi. “Kita membuatnya terlalu mudah memutuskan, tidak!” kritik Miller pada Safety Commission.

Menurut Miller motornya bekerja dengan baik di trek basah. “Nggak ada tuh saya merasakan aquaplaing berlebihan. Hanya perlu tahu di mana titik-titik yang sangat minim grip di lintasan. Saya melewati beberapa pembalap saat coba lintasan, mereka sangat lambat dan hati-hati. Cara seperti ini nggak bisa di lintasan basah seperti Silverstone. Justru, suhu ban tidak akan meningkat. Cara itu juga bisa ditingkatkan dari pengereman. Kurang pengereman keras, makin sulit ban hangat. Jadinya mereka kekurangan pegangan,” kata Miller yang sekalian menyindir para senior.

Belum lagi katanya, kalau sudah 23 motor sama-sama di lintasan, racing line akan terbentuk sendirinya. Aspal akan hangat yang otomatis boleh memanaskan ban. “Aspal baru di Silverstone hanya sebuah lelucon sebagai alasan. Saya ke ruang Safety Commission dan memberi argumen pada mereka. Johann (Zarco) juga setuju. Socott (Redding) juga,” tambah Miller.

Miller memang dikenal punya skill khusus saat basah. Dia pernah memenangkan balapan MotoGP di Assen 2016 ketika masih dengan Marc VDS Honda saat hujan deras. Di Argentina tahun ini ketika hujan dia juga pole setelah dengan beraninya pakai slicks di trek yang lembab.

Pendeknya saat itu, Miller ingin balapan. Karena sebagai pembalap, mereka digaji untuk itu. Miolo

BAGIKAN