nhk

Bedanya YMJET-FI Dengan Fuel Injection?????

 

ManiakMotor – YMJET-FI  tidak sekadar injeksi. Alat ini lanjutan dari Fuel Injection (FI). Hasil semprotannya  lebih halus dibanding FI. YMJET- FI singkatan dari Yamaha Mixture Jet Fuel Injection, ia lebih rata mengelola cempuran bahan bakar dan udara.

Seperti dikupas pada acara Seminar Fuel Injection Yamaha yang diselenggarakan Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), 19 Februari 2014 di DDS Flag Ship Store Yamaha, Cempaka putih, Jakarta Timur. Beda YMJET-FI karena ada tekanan pada pompa bahan bakar yang lebih kuat. Kuat semprotannya semakin homogen pembakarannya.

“Campuran bahan bakar udara dihasilkan lebih baik. Caranya pada YMJET-FI ada selang by-pass udara atau Yamaha menyebutnya Assist Air Passage. Ia bekerja di bawah putaran ideal,” kata Slamet yang menjabat Supervisor Service & Education YIMM.  

Jadi, udara tak hanya lewat  throttle body. Pada putaran mesin rendah, udara disuplai lewat  selang bay-pass. Selang ini terintegrasi langsung pada intake manifold, lubangnya pada intake berada setelah injektor.  Paslah untuk matik yang butuh bahan bakar sejak awal bekerja.

Throttle body YMJET-FI berbeda dengan sistem FI pada Vixion dan Jupiter Z1, terdapat dua katup butterfly (kupu-kupu) atau biasa disebut koin. Kedua koin ini bekerjanya tidak bersamaan, “Pada putaran mesin langsam kedua koin menutup. Udara disuplay bay-pass tadi, ketika putaran dinaikan maka hanya koin pertama yang membuka, semakin naik putaran kupu-kupu kedua akan membuka, jadi bertingkat,” kata M. Abidin, selaku GM Service & Motorsport YIMM.

YMJET-FI  pada motor matik, karena matik membutuhkan suplai udara lebih padat pada putaran bawahnya. Matik tidak mempunyai reduksi bertingkat, harus disediakan bahan bakar mencukupi pada putaran rendhnya.  Di sisi lain efisiensi bahan bakarnya pun dituntut lebih irit, karena reduksinya otomatis. Jalur bay-pass tadi memanipulasi udara agar memiliki volume tesedia terus menerus. “Memang tidak ada pada Vixion dan Z1, tapi injektor dan sistem pompa bahan bakarnya sama, jadinya sama-sama halus,” ujar Abidin.

Demikian perbedaan YMJET-FI dengan sistem Fuel Injection biasa, mengenai sensor-sensor yang terkoneksi dengan Engine Control Unit (ECU) dan mendukung kinerja YMJET-FI akan di bahas pada artikel lain. Adit

BACA JUGA

Seminar Fuel Injection Yamaha, Pemahaman Teknologi Injeksi Secara Teori Dan Praktek

 

 

 

 

 

BAGIKAN