nhk

Begini Keunggulan Busi Brisk, Angkat Performa Motor

ManiakMotor – Busi tidak sekadar mentransfer api dari koil ke ruang bakar. Lebih dari itu harus meningkatkan performa motor. Itu kalau busi kualitasinya bagus. Busi pun punya tingkatan sesuai peruntukannya.

Busi Brisk misalnya. Dari semua tipe yang ditawarkan punya standar tetap. Yakni, “Menghasilkan tenaga yang lebih tinggi, torsi optimal, akselerasi lebih cepat, dan lebih responsif. Ini ada pada semua tipe busi yang ditawarkan Brisk,” papar Mas Giman dari Brisk Motor Indonesia.

Ada 10 tipe busi Brisk yang beredar di pasaran. Ke-10 tersedia untuk semua motor yang mengaspal di Indonesia, “Saya pakai tipe umum yang paling murah. Bahan businya dari copper atau tembaga. Bisa kok dipakai di motor balap. Apalagi yang lebih tinggi,” papar Doni Romdoni dari Doni Racing School 35 yang busi Brisk pada motor-motor balap digunakan sekolahnya.

Seluruh tipe busi yang dikeluarkan Brisk menggunakan keramik buatan Brisk sendiri. Insulator atau keramik pembungkusnya paten bangat. Nggak akan terjadi kebocoran yang membuat partikel kotoran menyelip pada pemantiknya. Nah itulah sering bikin mati busi. Dengan begitu, busi mudah menyalakan motor. Motornya gampang distarter dalam keadaan dingin dan panas.

Asal tahu saja, Bris sudah ada sejak 1935 di Ceko. Ini busi dipakai mobil dan motor Eropa. Dari moge Ducati sampai mobil Ferarri menggunakannya. Pokoknya mobil-mobil mewah deh.

Ada juga busi tertinggi yang berdesain unik dan telah dipatenkan. Ada Brisk berkaki empat, kaki enam sampai tanpa kaki dan api berputar 360°. Biasanya, sumbu elektroda berbahan silver atau perak. Perak adalah logam dengan sifat konduktor listrik dan panas yang paling baik. Hasilnya torsi dalam bentuk akselerasi meningkat. Motor jadi kuat karena horse power juga naik. “Sebab pembakarannya maksimal,” tutup Mas Giman. Raider

BACA JUGA

Modifikasi Mesin Yamaha R15 VVA, ECU Juken 5 Dan Busi Brisk, Harian 29 Hp Dari RAT Motor

Ini Dia Busi Brisk Harian, Material Copper Racing, Terjangkau Harganya..!

Busi Brisk Super Racing Copper, Jauh Dari Iridium Mah

Busi Brisk Racing Pakai Pengantar Perak, Cepat Reaksinya..! Iridium Mah Putus…

Busi Brisk Khusus Piston Jenong Alias Dome Tinggi, Bahan Silver Racing

BAGIKAN