nhk

Begini Kinerja Elektronik Ohlins TTX 36 EC, Buat Motor Harian Kamu Juga Bisa

Ini contoh Ohlins TTX 36 MK II EC untuk Kawasaki ZX10-R

ManiakMotor – Sudah tahu kan TTX pada Öhlins. Itu artinya twin tube atau sokbrekker monosok yang punya tabung ganda. Masing-masing tabung melayani untuk rebound dan kompresi. Tidak seperti era dulu tabung tunggal. “Sedang X di belakang TT adalah aliran oli. Olinya ini juga pintar, masing-masing mengalir pada tabung twin. Oli rebound mengalir sendiri dan kompresi sendiri,” papar Eddy Saputra, pemilik Ohlins Indonesia di Cikini.

Ohlins TTX 36 MK II EC buat Kawasaki ZX10-R

Kali ini basisnya TTX 36 SC yang sifatnya elektronik. Bisa dikendalikan dari jari-jari kinerjanya pada sekelar. Mechatronic ini pertama kali dipakai pada moge 1199 Panigale S dan Multistrada 1200S. Saat ini bisa diaplikasi pada motor apa pun. Tentu saja untuk motor harian dan sudah berhasil di moge R1-M.

Ilmunya dari World Superbike pada 2008 lewat R&D Öhlins pada peredam kejut racing. Sokbreker ini ternyata usai dibalapkan bisa diatur secara elektronik menjadi harian. Dicandakan, usai dipakai di sikuit langsung bisa menuju ke jalan raya dengan mengubah mode-nya.

Ini kotak elektroniknya. Mereknya Ohlins

Menggunakan perangkat lunak yang canggih yang dirancang oleh Ohlins sendiri. Kotak elelektronik tersebut bernama Öhlins Suspension Control Unit (SCU). Kalau beli, kotak elektroniknya ada tersendiri yang diproduksi Ohlins. Untuk mengubahnya tak perlu lagi perkakas atau pergi ke bengkel.

Dari situlah mode bisa dipilih dalam karakter berkendara. Tentu saja SCU untuk memerintah sendiri rebound dan kompresi sesuai kenyamanan harian yang dipilih. Instan hanya dari sakelar.

Ohlins mengklaim elektronik ini terbaik di eranya saat ini untuk suspensi di dunia. Kinerja elektroniknya nggak banyak diumbar, katanya rahasia perusahaan. Tapi kalau mau jelas bisa hubungi Ohlins Indonesia di Jl. Cikini Raya No.70, Cikini, Menteng – Jakarta Pusat,  telepon +6221 316 1606 | +62 877 8822 2067. Bisa juga email; sales@senaautopart.com. MM

BAGIKAN