Begini Mesin Lexi 155 Terbaru! Kenapa Cocok untuk Speeding?

Maniakmotor.com – Yamaha LEXi LX 155 series telah mengalami transformasi signifikan dalam sektor dapur pacu, membawa pengalaman berkendara yang lebih unggul bagi para penggemar motor. Generasi terbaru ini menampilkan mesin Blue Core berkapasitas 155cc, meningkat dari versi sebelumnya yang hanya 125cc.

Pada acara MAXi Flash Trip di Kota Bandung pada 3–7 Februari, para awak media mendapat kesempatan langka untuk mempelajari lebih dalam tentang mesin terbaru ini. Ferry Nurul Fajar dari Service Education PT Yamaha Indonesia Motor Mfg menjelaskan bahwa mesin Blue Core 155cc telah mengalami perombakan pada berbagai komponen seperti camshaft, piston, head, jalur oli, dan lainnya. Hasilnya adalah peningkatan efisiensi mekanis yang mengurangi gesekan dan vibrasi, serta meningkatkan akselerasi dan performa secara keseluruhan.

Perubahan yang signifikan terjadi pada beberapa komponen mesin, termasuk body cylinder, forged piston, head cylinder, dan valve. Penambahan kubikasi mesin membuat body cylinder dan forged piston memiliki diameter yang lebih besar, sementara dinding cylinder dibuat lebih halus untuk mengurangi gesekan dan kebocoran oli. Head cylinder mampu menghasilkan kompresi rasio yang lebih tinggi, meningkat dari 11,2 menjadi 11,6.

Selain itu, crankshaft dan rotor assy juga mengalami perubahan dengan ukuran yang lebih pendek dan ringan, meningkatkan akselerasi motor secara keseluruhan. Bagian camshaft juga diperbarui dengan penyatuan pin dowel menjadi satu kesatuan dengan camshaft, meningkatkan kekakuan dan mengurangi gesekan.

Salah satu perubahan paling mencolok adalah pada tensioner, yang mengalami transformasi signifikan pada mesin Blue Core generasi terbaru. Perubahan ini menandai komitmen Yamaha dalam terus meningkatkan pengalaman berkendara melalui inovasi mesin yang canggih.

Dengan semua perubahan ini, Yamaha LEXi LX 155 membawa pengalaman berkendara yang lebih bertenaga, efisien, dan halus bagi para penggunanya. Mesin Blue Core 155cc terbaru ini menempatkan Yamaha di garis depan dalam menghadirkan teknologi terkini dalam dunia otomotif.