nhk

Begini Nih Beda Pipihnya Tangki Bahan Bakar Ducati Lorenzo Dan Dovizioso

ManiakMotor – Jorge Lorenzo ketika delapan tahun geber Yamaha M1, desain tangki bahan bakarnya lebih pipih. Ada coakan lebih ke dalam sebagai tatakan paha. Punggung belakang tagki juga sejajar bodi atas tangki M1. Desain begitu sudah menjadi kebiasaan Lorenzo.

Sepele memang dan pasti belakangan terpikirkan ketika dia di Ducati. Sebab otak Lorenzo tergiring soal rasa Ducati jauh berbeda dengan produk Jepang. Baru sadar semua diutak-atik nggak nyaman-nyaman juga.

Fakta, tangki bahan bakar ini baru terpikirkan setelah 21 seri menggeber Ducati,   “Ternyata hanya di tangkin bahan bakar yang sebenarnya pernah saya minta dimodifikasi. Sangat terasa ketika menikung disambut pengereman. Ada yang nggak beres,” kata Lorenzo usai menang di Mugello.

Tangki M1 2016 milik Lorenzo

Di Italia ini, tangki bahan bakar Ducati Lorenzo berubah yang ditenggarai mirip yang bukan sama dengan M1 (lihat foto). Lorenzo dengan konstruksi tangki begitu, lebih pakem pahanya mengapit tangki. Kalau nikung kiri, paha kanannya tertata rapi dengan tagki bagian kanan. Begitu sebaliknya. Yang penting nyaman saat pindah-pindah selangkangan. Satu kontur.

Persis di selangkangan juga masih melengkung ke punggung tangki bahan bakar. Paling tidak, ‘peralatan’ Lorenzo nggak terdorong punggung belakang tangki. Coba bandingkan dengan milik Andrea Dovizioso yang rada riskan juga ‘peluru’ di selangkangan Dovi tergesek ke situ.

Tunggu lagi aksi Lorenzo di Sachsenring, di sirkuit yang aktif gonta-ganti posisi dan kenyamanan selangkangan dari tangki juga penentu. MM

BAGIKAN