nhk

Bekal Dari Vallelunga Dan Sagittario, Galang Siap Laga Di SuperSport 300 Di Portugal

FOTOSPORT
Galang in action dengan R3

ManiakMotor – Pembalap Indonesia binaan Yamaha Indonesia Galang Hendra Pratama dengan bendera Motoxracing mulai mengikuti kejuaraan dunia Supersport 300 (WSS 300). Balapan pertamanya berlangsung di Portimao, Portugal, pekan ini (15-17/9). Agar tidak  kaget saat balapan,  anak Jogya 18 tahun ini dibekali teknik balap dengan menunggang Yamaha YZF-R3 di sirkuit Vallelunga, Italia (4/9).

Galang latihan di trek berjarak 4,085 km sebanyak 4 kali. Di luar dugaan, ia sangggup mencatat waktu 1 menit 53,56 detik dan hanya terpaut 0,2 detik dari waktu saat balap CIV 2016 dengan 1:53,31. Dan hasil ini mendapat pujian dari Direktur Teknik Motoxracing, Vanni Lorenzini. “Kami senang, dia cepat dan bagus untuk [pertama kali di sirkuit Vallelunga. Setiak kali ada perubahan dia bisa merasakan dan kami mengerti,” bilang Lorenzini.

 

Galang bersama Sandro, pemilik tim Motoxracing

“Saya senang berada di sirkuit Vallelunga,  mampu beradaptasi dengan motor YZF-R3. Kami melakukan berbagai perubahan untuk mendapatkan data. Seluruh tim sangat membantu saya untuk memperoleh hasil terbaik,” terang Galang yang dikawal langsung Wahyu Rusmayadi, Manajer Tim Yamaha Racing Indonesia (YRI).

Usai dari Vallelunga, Galang diajak ke trek Sagittario International di Latina, Italia (6/9). Dalam tes itu, ia mengukir 59,37 detik. Catatan itu, tak hanya menajamkan waktunya sendiri sebelumnya yang 59,73 dan 59,70 detik. Sekaligus mematahkan best time  pembalap Yamaha Alfonso Coppola  dengan 59,85 detik. Galang yang ditemani Sandro dari Motorxracing  di trek ini melahap 47 lap  yang lebih focus pada posisi terbaik berkendara saat slow corner, high speed corner maupun dalam momen hard braking. Termasuk setting suspense.

Galang mengaku senang bisa nyaman dan lebih cepat dengan R3.  Tentu, dua kali pengujian ini sangat penting dalam upaya membantu Galang Hendra menemukan gaya balapnya. Berbagai input atau masukan dikomunikasikan. Kemudian diujicoba dan terus melakukan evaluasi bersama.

Menurut Wahyu, tes ini modal penting buat Galang dan tim. Ini merupakan langkah mempercepat set-up motor. “Berdasarkan hasil yang kita dapat di Sagittario dan Vallelunga, maka seluruh tim percaya diri menatap balap minggu depan di Portimao-Portugal, “ucap Wahyu Rusmayadi, Manajer Tim Yamaha Racing Indonesia (YRI). Rilis Yamaha www.yamaharacingindonsia.co.id

BAGIKAN