nhk

Benar Nih Donald Trump Dan MNC Group Bikin Sirkuit MotoGP Di Sukabumi?

Sepang, Best 2017, Motogp

 

ManiakMotor – Selalu menjadi tanda tanya besar ada kabar sirkuit kelas MotoGP dibangun di Indonesia. Karena sudah berulang-ulang kabar macam ini, sampai detik ini MotoGP belum balik lagi ke Indonesia sejak mentas 1996-1997. Dan sirkuit label internasional tetap satu-satunya, yakni Sentul. Jadi silakan dibaca saja, siapa tahu benar.

Seperti perusahaan presiden Amerika Serikat yang lagi disorot soal pengakuannya pada Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Bisa saja ditolak, karena masalah tersebut. Toh yang muncul pembuatan sirkuit di Lido, Sukabumi, Jawa Barat tersebut atas nama perusahaannya a The Trump Organization dengan MNC Land  pimpinan Harry Tanoe Sudibyo.

Seperti berita-berita yang lalu ada wacana dan rencana soal sirkuit, yang ini juga dianggap saja begitu. MNC Land belum ada skema proyeknya. “Ya harus didesign dulu dan selanjutnya perizinannya. Itu juga harus konsultasi pada para ahli,” kata Daniel Yuwono, Direktur MNC Land yang dikutip dari online yang telah menyebar di mana-mana.

Gatot S. Dewa Broto yang sudah dilantik sebagai Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga, juga komen. Katanya, oke saja, asalkan memenuhi prosedur standar dari FIM (Federasi Motorsport Internasional) yang berkoordinasi dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI), “Paling utama tidak ada sengketa lahan, analisis dampak lingkungan dan sebagainya. Pokoknya harus  jelas, jangan hanya bangun,” jelas Gatot yang mengakui MNC Land tidak memberi penjelasan rinci entah buat MotoGP 2019 atau F1.

Sebenarnya, MNC Land selama ini telah mengembangkan proyek Lido Integrated Resort & Theme Park. Lahan di sana ada 3.000 hektare (ha). Mereka akan membangun Trump Luxury Resort Hotel bintang 6 sebanyak 80 kamar, Trump Luxury Residence sekitar 200 unit serta membangun lapangan golf berstandar internasional 18-hole dan dilengkapi dengan country club yang ditargetkan akan beroperasi tahun 2018.

Nah bunga-bunganya mungkin sirkuit tersebut. Kalau itu jadi, Sentul akan dapat saingan nih. MM

BAGIKAN