nhk

Berebut Mekanik MotoGP Musim 2013


ManiakMotor – Bisa apalah pembalap tanpa mekanik andal. Seorang pembalap bakal jadi ayam sayur atau ayam goreng tak pake sambel lepas dari peran mereka. Wajar saja kalau tim-tim elit MotoGP pun berebut para mekanik seperti terjadi jelang musim balap 2013 nanti.

Perputaran pembalap musim depan secara langsung mempengaruhi bursa mekanik. Diawali  pengumuman pensiun Casey Stoner beberapa bulan lalu. Para mekanik andalannya di bawah komando Cristian Gabbarini pun geger, akankah bertahan di Repsol Honda atau tidak.

Pasalnya, hanya sebagian yang dipertahankan dan bergabung dengan tim bawaan Marc Marquez. Marquez yang bakal mengisi posisi Stoner, juga membawa tunner sendiri. Sebagian lainnya, terserah. Kira-kira begitu yang membuat Gabbarini puyeng memikirkan anak buahnya.

Tanpa harus nenggak obat atau kerokan seperti sampeyan, pusingnya Gabbarini mendadak sembuh. Obatnya hanya Valentino Rossi hengkang dari Ducati ke Yamaha dan Andrea Dovisiozo meluncur ke Ducati. Lho?

Kaitannya begini, bro! Rossi dipastikan membawa kru setianya balik ke Yamaha. Berarti ada kekosongan di Ducati, sedangkan Dovisiozo belum punya mekanik mumpuni untuk ikut bersamanya ke tim Italia itu. Maka Dovisiozo pun membujuk Gabbarini untuk balik ke Ducati saja. Soalnya, pasukan Gabbarani inilah yang melambungkan nama Stoner saat juara di Ducati.

Bujuk membujuk itu terjadi di sela-sela tes resmi di Sirkuit Brno kemarin. Dovisiozo pastinya sadar pengalaman Gabbarini di Ducati akan mempercepat adaptasi dan akselerasinya mencetak prestasi. “Pembicaraan masih berlangsung dan belum diketahui siapa saja yang akan ikut. Yang pasti, mereka sangat penting di tim baru nanti,” kata Dovi.

Gabbarini pun belum bisa berjanji. Bisa jadi, bujukan Dovisiozo membuatnya punya posisi tawar lebih baik lagi di HRC yang ingin mempertahankannya. “Saya ingin bertahan di HRC, tapi segala sesuatunya harus dibicarakan lebih detil. Saat ini hanya bicara untuk diri sendiri. Saya belum tahu sikap teman-teman lain,” katanya sembari mengakui ia diminta bertahan untuk membantu transisi Marquez dari Moto2 ke MotoGP. Andro

BERITA TERKAIT:

Masao Furusawa : Godfather-nya Yamaha YZR-M1

Burgess 80/20 Buat Valentino Rossi

Habisi 60 Lap, Rossi Tak Punya Time

Fakta MotoGP Brno, Pedrosa Tekuk Lorenzo Di Tikungan Kiri

BAGIKAN