Berita Duka, Legenda MotoGP Phil Read meninggal dunia

    Maniakmotor – Berita duka tiba bagi seluruh komunitas MotoGP, Juara dunia 7x MotoGP (1 125cc, 4 250cc, 2 500cc)  Phil Read telah meninggal dunia di umurnya yang ke-83.

    Kabar duka diumumkan oleh anaknya Phil Junior melalui akun facebook resmi miliknya. Disitu Phil Junior cerita bahwa almarhum ayahnya, meninggal dunia dengan tenang dalam keadaan tertidur di rumahnya yang berlokasi di Canterbury, Inggris.

    Phil Read ternyata juga sudah beberapa kali keluar-masuk rumah sakit akibat penyakit kanker yang di idapnya.

    Lahir di Luton, Inggris pada tahun 1939 Phil Read sudah menunjukan bakat yang istimewa untuk ngegas motor sampai-sampai sempat dijuluki pangeran kecepatan.

    Sebelum mengikuti kejuaraan dunia MotoGP pada waktu itu, Phil Read sempat mengukir prestasi pada ajang kejuaraan balap motor lainnya yang bernama Manx Grand Prix Races pada 1960, dimana Phil menyelesai musim sebagai runner up dari salah satu pembalap yang juga menjadi legenda MotoGP yakni Mike Hailwood.

    Mulai ikut kejuaraan dunia pada 1961, Phil Read capai gelar juara dunia pertamanya pada tahun 1960 di kelas 250cc dengan pabrikan Yamaha, yang juga menjadi gelar juara dunia pertama kali pabrikan Iwata tersebut di dunia balapan road race.

    Phil melanjuti karirnya dengan Yamaha dan memenangkan 4 gelar juara dunia lainnya, dimana pada tahun 1968 Phil Read mengikuti 2 kelas sekaligus 125cc dan 250cc dan memenangkan kedua gelar juara dunia pada 2 kelas tersebut pada tahun yang sama (mengikuti lebih dari 1 kelas masih diperbolehkan dalam regulasi waktu itu).

    Naik kelas ke GP 500 pada 1972, Phil Read jadi saingan bebuyutan Giacomo Agostini, legenda MotoGP yang memegang gelar terbanyak dalam sejarah. Phil berhasil mengalahkan rivalnya itu pada tahun 1973, dan 1974 dengan pabrikan MV Agusta.

    Berpulangnya legenda MotoGP Phil Read adalah suatu kehilangan bagi seluruh keluarga penggemar roda dua di seluruh dunia. Semoga almarhum diterima disisinya dan keluarga yang ditinggalkan di beri ketabahan.

    Aminn… BONE

    BACA JUGA

    Mandalika ‘Lebih Parah’ dari Buriram Tapi Quartararo Juara, Crutchlow Bingung Kenapa Memble di Buriram!