nhk

Berita Duka: RIP Helmy Sungkar, Pahlawan Balap Motor Indonesia

Helmy Sungkar dengan ciri topi koboinya

ManiakMotor – Sebelumnya, Innaa lillahi wainnaa ilahi rajiun atas wafatnya Helmy Sungkar Alurmei. Helsung alias Hemy Sungkar – begitu dia akrab dipanggil – meninggal dunia Selasa 24 November 2020 pagi pada usia 68 tahun. Selamat jalan, jasamu untuk balap motor dan umumnya otomotif sangat besar.

Rey Dan Helmy
Rey Ratukore dan Istri mengunjungi Helmy Sungkar yang menemukan bakat awalnya

Helmy Sungkar adalah promotor semua jenis balap motor lewat bendera Trendy Promo Mandira (TPM). Seluruh event yang dikelola ayah Rifat Sungkar ini adalah panutan, sangat profesional yang sebut saja paling apik di Indonesia. Promotor balap otomotif tanpa tanding sejak 80-an.

Helmy pernah bicara bahwa dia akan berhenti sekitar 6 tahun lalu, karena sudah merasa tak sanggup dengan kondisi kesehatannya, “Hati saya masih sangat cinta untuk olahraga otomotif. Tapi saya mau istirahat. Sudah 32 tahun jadi promotor,” kata Helmy yang dikenal sangat apik dalam manajemen menata balapan sekali pun itu di jalan umum yang disulap jadi sirkuit yang disebut road race pasar senggol.

Contoh kecil saja, saat kejurnas road race diubah jadi regional. TPM mampu tangani serial beberapa region, “Termasuk region 3 menggabungkan NTB, NTT dan Bali. Saya salah satu peserta di situ. Kalau bukan beliau saya bukan apa-apa di balap motor Indonesia. Karena beliau, saya bisa bertemu dengan orang-orang hebat balap motor Indonesia,” kata Rey Ratukore yang rutin menjenguk Helsung di Bintaro, Tangerang.

Apalagi sekelas motocross yang sejak awal jadi garapan TPM. Motocross ini memang dibuat terhadap lahan tanah yang sudah tersedia. Helmy semakin apik merancangnya yang membuat Indonesia disinggahi beberapa kali kujuaraan dunia motocross.

Helmy pernah nongol di salah satu event drag bike pada 2016

Maklum saat itu, peran Helmy di balap motor nasional sangat besar. Dengan Trendy Promo, Helmy mampu menangani serial beberapa region, termasuk region 3 saat itu yang dihuni Rey menggabungkan NTB, NTT dan Bali.

Zaman now, Helmy jelas kurang sehat, Rey pun  masih kerap berkunjung. “Kalau bukan beliau saya bukan apa-apa di balap motor Indonesia. Karena beliau, saya bisa bertemu dengan orang-orang hebat balap motor Indonesia,” kata Rey yang barusan atau 17/12-2017 mengujungi Helmy yang memang kurang sehat.

Helmy saban tahun selalu dapat award dari PP IMI sebagai promotor itu dan ini yang semuanya penghargaan. Karena memang sampai saat ini belum ada tandingannya dalam kemasan, safety, media dan sebagainya.

Selamat jalan Helmy Sungkar, jasamu sangat besar untuk kemajuan semua jenis balap di Indonesia.  Semoga semua amal kebaikanmu menempatkanmu di tempat yang sangat layak. Maniak Motor


Warning: A non-numeric value encountered in /home/customer/www/maniakmotor.com/public_html/wp-content/themes/Newspaper/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353