nhk

Bersihkan Karburator, Caranya Tetap Dirojok Teknik Khusus

ManiakMotor – Cairan pembersih karburator yang tinggal semprot, memang oke buat karbu yang rutin dibersihkan dan ngisi bahan bakarnya di pompa bensin. Jika motor yang kerap diisi di kaki lima dan sudah tahunan tak pernah dibongkar, nggak bakal mempan tuh cara. Kotorannya sudah menjadi kerak di saluran udara dan bensin.

Pada cara rojok ini, tetap cairan pembersih digunakan untuk urusan model karbu seperti tadi. Selesai disemprot, harus dirojok ulang pakai kawat baja yang berasal dari tali kopling. Caranya mengurai kabel kopling dengan helai yang bisa masuk di lubang-lubang dimaksud.

Tak perlu dijelaskan, itu kawat lagi merojok

“Karena kawat ini bukan jarum rojok, jadi tidak kasar permukaannya, ujungnya pun tumpul,” kata Tata, mekanik dari Jaja Motor Di Purwakarta, Jawa Barat yang mempunyai ide munjarab yang digunakan pada pesiennya. Tentu saja pasien yang sudah bertahun-tahun karbunya nggak pernah dibongkar.

Sampeyan atau mekanik, dengan cara ini memang agak repot, harus melepas bagian per bagian karburator untuk dibersihkan. Beberapa kawat baja yang bergelombang tadi cukup dirojok-rojok dan dikilik-kilik, macam korek telinga, pasti geli asyik. Kotoran yang tak mampu diusir cairan pasti akan keluar.

“Gelombang pada kawat baja membatu proses pembersihan, setelah itu siram dengan besin. Jangan lupa ditiup lubangnya menggunakan angin kompresor agar kotoran bekasnya tidak menyumbat ulang lubang,” pungkas Tata. Setelah semua bagian bersih dari kotoran pasang kembali bagian karburator dan mesin siap dihidupkan.

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353