nhk

Biangnya MiniGP Buatan Indonesia (Super Poket) Diuji Galang Hendra, Mesin RX-King, Center of Gravity

Biang MiniGP Indonesia
Galang sedang coba Super Poket Indonesia

ManiakMotor – Sebelumnya biangnya MiniGP atau super pocket buatan Indonesia diulas menggunakan mesin Ninja 150R, tulisannya di sini. Kali ini menggunakan mesin RX-King standar korek, karena diuji Galang Hendra Pratama, pembalap WSSP300 dari Yamaha Indonesia dan baru pulang menuntaskan serial WSSP 300 di Prancis baru lalu.

Galang Hendra
Galang sedang mengawasi pemasang mesin RX-King kan

Dan itu sudah diingatkan para perancangnya, bahwa sasis Super Poket buatan dewek ini, bisa menggunakan semua mesin di Indonesia, “Bahkan saat Galang Hendra di Italia, kami minta diukurkan minibike yang digunakan VR46 Riders Academy di Misano,” papar Deny Wajonk dan Endang Armost, si perancang Super Poket Indonesia di Sentul Kecil saat Galang mengetesnya pada 4 Oktober 2018.

Ukuran yang dibicarakan Wajonk tersebut yang berhubungan dengan titik gravitasi  terhadap keseimbangan motor. Diistilah teknik disebut center of gravity yang menyangkut geometric. Dari posisi mesin sampai yang nama rake atau sudut kemudi, agar dapat balance motor ketika menikung, perubahan distribusi bobot saat direm dan akselerasi seperti motor racing umumnya.

Endang, Galang dan Deny

Menurut Galang, Super Poket Indonesia ini sudah lumayan. Saat suspensi diganti Traxx-D sangat berubah manuvernya. Motor sudah sangat mudah masuk keluar-masuk tikungan. Tidak seperti sebelum suspensi dibenahi Galang agak sulit seperti video ini.  Walau catatan tidak resmi yang menggunakan stop watch, Galang bisa dapat 57 detik sekian-sekian yang sekiannya nggak dikasih tahu.

“Sebenarnya catatan waktu ini rahasia. Masih banyak yang harus ditingkatkan pada motor ini, sebelum dijual umum. Kami juga masih akan mengujinya di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia atau LIPI,” beber Deny yang tak lain penyelanggara Indoclub Championship tersebut.

Lanjutkan karyanya. Raider

BACA JUGA

Biangnya MiniGP Buatan Indonesia, Disebut Super Pocket, Mesin Ninja 150R

BAGIKAN