nhk

Bikin Iri, Malaysia Punya Joki Dan Tim MotoGP 2019 Lewat Petronas Yamaha Sepang, Indonesia?

Razali, Johan Stigefelt, Wilco Zeelenberg,

ManiakMotor – Ini cerita perjuangan CEO Sepang Razlan Razali. Tadinya bos sirkuit Sepang tersebut hanya berjuang untuk menggolkan Hafizh Syahrin masuk jadi pembalap MotoGP. Eh berhasil dan tiba-tiba melihat ada kesempatan untuk bermimpi membawa tim Malaysia ke MotoGP.

Namanya ada dukungan dari pemerintah kerajaan Malaysia terutama dengan Petronas, apa pun bisa! Apalagi, MotoGP dianggap sakses di negara jiran tersebut. Penontonnya nggak hanya orang Malaysia, tapi datang dari berbagai negara Asean. Bahkan bisa mengalahkan popularitas F1 di sana. Malaysia sendiri sejak 1991 tanpa putus bikin balap motor dunia tersebut.

“Ya tetapi untuk memiliki tim MotoGP adalah angan-angan. Malaysia sendiri hanya fokus pada sirkuit dengan penyelenggaraannya. Tapi  saat test Valencia pramusim, mimpi jadi kenyataan. Selain kami punya Hafizh (Syahrin) untuk musim keduanya di MotoGP. Kami juga memiliki tim MotoGP,” papar Razali yang pasti orang Melayu terhadap timnya bernama Petronas Yamaha Sepang RT yang jadi tim satelit Yamaha. Tim ini diperkuat Franco Morbidelli dan Fabio Quartararo.

Menurut Razali, tim  Petronas Yamaha Sepang dibangun hanya dalam enam bulan. Semuanya berdasarkan kertas kosong alias nggak nyangka. Apalagi tim tersebut diperkuat SDM yang sudah teruji. Sebelumnya mereka berada di rombongan kru Maverick Vinales di Movistar Yamaha MotoGP. Sebelumnya lagi malah bersama Jorge Lorenzo.

Tim dari Malaysia ini punya pekerjaan berat. Selain harus mengantar pembalapnya ke papan atas, tentu saja target untuk Malaysia, “Pengembangan motorsport untuk mempromosikan MotoGP lebih baik di Malaysia, itu juga penting,” kiat Razali agar BUMN-nya Malaysia seperti Petronas akan terus percaya pada MotoGP dan tentu saja rakyat di sana.

Pertamina Indonesia kapan? Ah mereka masih sibuk kampanye. Miolo

BAGIKAN