nhk

Bikin Stopper Sproket Depan, Bagi Pengguna Pelek Lebar

ManiakMotor – Akal-akalan paten ini datang dari pengguna pelek lebar belakang.  Di motor non matik, lebar pelek belakang yang keterlaluan berhubungan dengan lusurnya sproket depan terhadap belakang, harus lurus atau segaris alias senter. Bila tidak, rantai sering lepas. Sproket juga cepat botak.

Hal  termudah menggeser posisi gir depan ke sebelah luar, mengikuti bergesernya gir belakang. Jadi tidak perlu mengganti as sproket depan yang lebih lebar. Saya bikin semacam stopper gir. Gir depan bisa ke sisi luar, tapi kuat,” ujar Rommy Purwanto Guntur yang Honda Tiger nya telah aplikasi pelek lebar.

Maka sediakan pelat besi minimal 5 mm tebalnya, laher ukuran 609, baut bekas kaca spion, ring berpenampang lebar. Guna baut kaca spion ini agar bisa dipakai AC DC, berfungsi bolak-balik, bagian ke tungkai kaca spion jadi dudukan laher dan murnya jadi penahan.  Cara merangkainya harus berurusan dengan tukang las. Bila mau mau rapi lagi dengan ahli bubut. Coba lihat foto-fotonya, mungkin bisa difahami dari pada baca.

Buang dudukan kaca spion dan ringnya dilas di situ. Ring dan baut ini berfungsi sebagai pegangan laher. Nantinya laher ini yang menahan gir copot dari asnya. Sebab nantinya juga, gir depan sudah tak pakai klip. Dia bebas ke luar, tapi tak sampai melejit karena ditahan rangkaian ini.  “Baut spion tadi harus masuk di antara baut pengancing gir. Saya pakai baut spion yang bisa dibuka dengan kunci 14,”  sambung Rommy.

Ya, sudah rangkaian tadi tinggal dibikin pegangan dari pelat besi (lihat gambar). Pelatnya boleh dilas pada pegangan pijakan kaki atau silkan bikin sendiri yang ditahan pada baut as lengan ayun. Lebih jelasnya lagi lihat gambar. “Ring, laher dan pemegangnya diikat baut. Kekecangan bautnya  sesuai kebutuhan,” pungkas Rommy yang motornya tidak pernah lagi mengalami gir depan lepas.

Silakan coba tips yang bikin repot ini. Bila ada yang mau melengkapi konstruksinya, silakan juga. Yang  pasti seperti ini gagasan Rommy yang dipakainya. adit

TIPS LAINNYA:

Karburator Sudco, PE, PWK, TM Dan PJ. Apa Bedanya..?

Kem Racing Harian Yamaha Mio, Durasinya Bermain 230-250 Derajat

Setting Karburator Motor, Pasang Kenalpot Racing (Harian)

Tips Bore-Up Honda Beat, Murah Dan Aman, Pakai Piston Kaze

Gigi Nanas Spidometer, Pengganti Pisau Tuner



 

BAGIKAN