nhk

Bikin Tameng Mesin

MM – Mana tahan cover mesin diadu aspal atau beton. Engine sliders (ES) cara ampuh mencegahnya. ES adalah tameng atau pelindung bak mesin kiri-kanan. Jika jatuh, pelindung yang justru menggesek aspal. Sementara, pengendaranya tetap lecet dan memar. Kalau parah ya, ke rumah sakit. Makanya hati-hati, neng, bu, pak, bro, dan jack. Gunakan selalu helm.

Zaman dulu hampir semua motor jenis sport jenis turing yang cubic centimetres (cc) dari pabriknya sudah ada ES. Malah seperti Honda CB 200, Suzuki GT125 dan GT185 keluaran akhir 70-an dan awal 80-an menggunakannya. Dulu memang gaya, besi yang membulat melindungi mesin, tangki dan sebagainya. Perangkat tambahan ini mulai hilang dengan tuntutan penampilan. Sekarang zaman kuda gigit burger.

Bagi sport yang doyan turing sebenarnya perlu juga untuk jaga-jaga. Toh, tidak sebesar zaman dulu. Hanya di wilayah bawah mesin. Bikinnya gampang. Macam Topan yang bikin pelindung sederhana Yamaha Scorpio. “Ini hanya pipa duralium, tidak mengganggu penampilan motor,” kata Topan yang memasangnya untuk kepentingan freestyledi Bandung. Tuh untuk aksi freestyle saja kuat.

Kalau konsentrasi nih baca tulisan, masih ingat bahan utamanya. Ini dia duraliumsekitar 10 cm diameter 1,5 inci. Siapkan juga bahan slidernya sepanjang 7,5 cm dan diameternya lebih besar dikit dari duralium. Bahannya dari Teflon.

Dua bahan tadi disambung. Dengan posisi as masuk ke dalam lubang slider. Kira-kira desainnya sedikit repot ke tukang bubut. Supaya rapi dan kuat. Jangan sampai motor jatuh pelan, slider lepas malah menjepit kaki sampeyan. Itu namanya senjata sendiri menembak diri sendiri. Jelas saja, bikin sepasang. Masak sebelah dong.

Tinggal pasang dan memanfaatkan lubang baut pada rangka, kalau ada. Tergantung motor apa yang dipakai. Itu sampeyan sendiri yang berpikirlah. Jangan dikasih pentunjuk mulu, becanda! Ingin ringan kerjanya, pesan langsung. Sudah diproduksi massal kok,” tutup pemilik workshop  El Coast Custom (ECC), sembari menyodorkan nomor HP 085624244798.Ka-JP

BERITA TERKAIT:
Seting Karbu Harian Pakai Komputer
Rangka Balap Liar Suzuki FU150!
Seting Pilot-Jet Suzuki FU
Direct Coil, Tajam Pengapiannya
Per Depan BeAT Ganti Supra 125
Bikin Jos Karbu Vakum!
Merawat Tungkai Rem Tromol

 


 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353