nhk

Helm Pintar! Bila Kecelakaan Bisa Unjukkan Kondisi Kejadiannya

Helm, Kamera, IRIS, DC-2, Brisbane

ManiakMotor – Perusahaan helm IRIS yang bermarkas di Brisbane, Australia telah meluncurkan model fullface baru DC-2 yang dilengkapi kamera. Terpasang di depan dan belakang serta tidak mengganggu kenyamanan bagian dalam, juga mengurangi faktor perlindungan kepala. Tujuannya, merekam perjalanan pengendara sebagai bukti bila terjadi kecelakaan.

Jack Swan, mahasiswa teknik mesin tahun keempat pencetus dari DC-2 ini. Ia merasa pengendara sepeda motor butuh all-in-one untuk sistem pencatatan. Ya, kalo di pesawat terbang semacam black-box lah.

Helm, IRIS, DC-2, Brisbane, Australi
Situasi lalulinta di depan dan belakang terekam

Bentuknya sangat kecil, terpasang ujung ventilasi atas, tapi tidak mengganggu saluran angin. Satu lagi terpasang di bagian belakang dan helm ini sudah dirancang memang untuk DC-2.

Helm, IRIS, Kamera, Brisbane, Ostrali
Kamera terpasang di belakang kiri dan kanan

Nah, dengan dua kamera 1080p dalam 30 fps, DC-2 bisa merekam sekeliling pengendara. Setiap kamera punya bidang rekam sampai 135 derajat, baik depan maupun belakang. Rekaman dengan definisi tinggi ini bisa membaca sampai pelat nomor kendaraan.

Mungkin ada yang mempertanyakan, adakah yang berubah dari struktur helm? Tidak. Perangkat keras kamera telah direkayasa untuk tidak kompromi dengan stuktur helm. Seumpama terjadi kecelakaan, ketika kamera tertekan ke dalam masih jauh dari kepala.

Trus, ada mikrofon di dalam yang bisa merekam suara pengendaraan dan suara di jalanan. Terlindung dari terpaan angin dan suara mesin. Sayangnya, tidak disebutkan harga helm tersebut. Maliq

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353