nhk

BMW Motor Persiapkan Sasis Serat Karbon

bmw-seratkarbon-sasis

ManiakMotor – Dalam waktu dekat, motor-motor BMW akan memakai kerangka dari serat karbon (carbonfibre). Bisa dibilang terobosan teknologi, tapi di motor balap superbike dan motogp sudah pada pakai. Nah, BMW Motorrad sendiri telah mendaftarkan patennya sejak Agustus tahun lalu.

BMW sudah menyiapkan proyek masa depan dengan tiga konsep sasis. Pertama, berupa rangka kota (beam frame) yang dipakai pada BMW S1000RR yang bertarung di arena superbike. Kedua, kerangka teralis untuk model motor yang lebih terjangkau. Terakhir, bentuk tabung berongga (hollow carbon fibre tubes).

Pihak BMW yakin sasis serat karbon akan menjadi pengganti aluminium cor saat ini. Konon, serat karbon berpotensi retak seperti helai rambut bila terjadi kecelakaan. Ini berdasarkan hasil x-ray. BMW pun menepis tudingan itu dan menegaskan bahwa dalam kondisi tertentu serat karbon lebih kuat. Bahkan bobotnya pun lebihgan ringan 40% dari aluminium. Betul, namun akan berpengaruh pada harga  motor nantinya.

Bukti kekuatan serat karbon sudah teruji di arena reli mobil. Untuk melindungi bak oli mesin dari hantaman batu di bawah telah dipasang dek dari serat karbon. Tak ada yang penyok maupun retak atau sobek.

“Kami telah mendapatkan teknologi untuk menepis keraguan tersebut. Dalam keadaan tertentu, serat karbon le bih kuat dan lebih baik dalam menahan kerusakaan akibat kecelakaan,” jelas Karl Vicktor Schaller, kepala riset & pengembangan (R&D) BMW. Untuk menyukseskan proyek itu, BMW sudah menyiapkan para insinyur dan 50 tenaga ahli. MM

 

 

BACA JUGA

Edan! Moge BMW K1600GTL Seharga Satu Miliar Terjual di GIIAS, Ada Model Lain Juga

BMW R nine T Scrambler Yang Gagah Goda Pengunjung GIIAS

BMW Motorrad Indonesia Asah Ketrampilan Besut Moge di Munich

Produk Baru: Kolaborasi BMW dan TVS, Hasilnya G310R Motor Termurah

BAGIKAN