nhk

Bore-Up ‘Pahe’ Yamaha Xabre, Enteng Tarikan (22 Dk) Dari Swega RAT Motor

ManiakMotor – RAT Motor yang digawangi Mr Swega ini, speed shoop dari Sidoarjo, Jatim yang rajin mengisi blognya. Kali ini Swega berkreasi pada Yamaha Xabre. Tentu saja mesinnya yang ditingkatkan lewat bore-up.  “Bore-up versi pahe, untuk harian,” kata Swega.

Bore-UP Xabre
Pakai piston 62 mm

Kalau dihitung dengan menggunakan piston diameter 62 mm, kapasitas yang didapat Xabre 175 cc. Menurut Swega, itu sangat nyaman untuk menghandling tarikannya. Malah sangat cocok digunakan turing, karena mesin lebih respon. Tapi diingatkan dikerjakan mekanik yang sudah biasa bermain bore-up, macam RAT Motor, hehe.

Mekanik yang sudah biasa main bore-up, pasti mereka tahu bengkel bubut yang presisi. Juga langkah-langkahnya mereka mahir, “Oke dengan piston 62 mm, otomatis silinder naik 25 mm. Langkah torak atau stroke dibiarkan standard, karena konsepnya praktis dan plug n play,” tambah Swega.

Ternyata tingkatannya masih berlanjut. Lubang-lubang saluran masuk dan buang alias porting masih ‘dirapikan’. Tujuannya pembakaran besar. Fokusnya seating klep dilebarkan pada in menjadi 17.5 mm. Kanan-kiri bos klep dibikin 19mm sedangkan dan jalur luarnya r tak jauh dari standard pada 27 mm. Exhaust disamakan dengan lebar seating 14.5mm dan bowl area 17 mm yang luarannya standard.

Hasil dyno sendiri

Noken as bawaan motor disimpan baik-baik, buat kenang-kenangan. Doski diganti dengan cam atau noken-as dengan angkatan (lifter) 8 mm. Durasi kem ini boleh memakai 250 derajat, agar nafas mesin jadi panjang.

Hanya saja, “Overlap klep kudu diperhatikan di bawah 2 mm untuk mesin dengan patokan klep standard. Selain lebih aman juga torsi bawahnya tidak banyak menghilang. Enaknya pakai kem derajat begitu, per klep standar aman. Sebab limiter dari ECU Juken 5 dipatok sewajarnya 11.000 rpm. Toh, puncak tenaganya sudah mentok pada 9.000 rpm,” tambah Swega dengan berapi-api menerangkannya.

Syukur hasil akhirnya saat di dyno milik RAT Motor sendiri adalah 22.3 HP (horse power). Torsi juga hampir 9 nm. Kalau dijabarkan di jalanan, tarikan ngisi bangat dan nafas pun panjang. RAT Motor

BAGIKAN