Bos Yamaha Nilai Juri FIM Tidak Konsisten! Quartararo Kena Penalty, Kok Nakagami Bisa Lepas?

    Maniakmotor – Direktur tim Monster Yamaha, Massimo Meregalli merasa hukuman atau penalty yang dijatuhkan kepada pembalap kesayangannya Fabio Quartararo terlalu berlebihan dan tidak konsisten dari pihak FIM.

    Pada seri Silverstone 7 Agustus yang akan datang, Fabio Quartararo harus menyelesaikan 1 putaran panjang atau long lap penalty setelah manuvernya di sirkuit Assen yang dinilai terlalu “ambisius”.

    Menurut FIM aksi Quartarao “tidak dalam posisi yang dapat menyelesaikan manuver dengan aman, sehingga terjatuh dan menghantam #41 yang hasilnya melebar”. Kata-kata ini keluar dari para tetuah FIM yang tanggung jawab atas perhukum-hukuman.

    Meregalli sebagai tim direktur merasa masalah seharusnya sudah selesai pada permintaan maaf tersebut. Namun ternyata Fabio masih diberikan long lap penalty untuk balapan berikutnya.

    “Kita menganggap crash pertama Fabio Quartararo adalah sebagai race incident, dan merasa bahwa memberikannya hukuman untuk balapan selanjutnya adalah berlebihan mengingat Fabio juga tidak menjatuhkan siapapun dan Espargaro masih dapat finish ke-4,” kata Meregalli.

    Lantas, tentunya Meregalli membandingkan dengan kecelakaan Takaaki Nakagami yang menjatuhkan lebih dari 1 pembalap dan mengakibatkan pergelangan tangan retak bagi Alex Rins.

    “Hukuman ini juga tidak konsisten dengan beberapa kejadian yang lalu yang dianggap sebagai race incident dan tidak di hukum (Nakagami). Selain itu sebagai tim kami akan melakukan evaluasi lagi agar dapat kembali lebih kuat usai libur tengah musim,” ucap Meregalli kepada Crash.net.

    Sekedar info, bahwa Aleix Espargaro turun posisi dari ke-2 menjadi ke-15 akibat peristiwa tersebut, sebelum memulihkan posisi satu persatu menjadi ke-4.

    Sedangkan Quartararo, kembali ke pit setelah berhasil menghidupkan motor dan mengikuti balapan lagi, namun kemudian harus terjatuh untuk yang ke-2 dan terakhir kalinya.

    Sang pembalap asal Prancis yang memimpin klasemen dengan jarak 34 poin, sekarang hanya memiliki jarak 21 poin dari Aleix Espargaro yang berada di posisi ke-2 klasemen.

    Quartararo juga kemudian mampir ke paddock Aprilia untuk meminta maaf akibat kesalahan yang dibuatnya dan menyebutnya sebagai “kesalahan yang bodoh”.

    T Circuit Assen
    NOW: MotoGP Race
    LAPS TO GO: 0
    POS#RIDERGAP
    1
    63
    F. BAGNAIA
    40:25.205
    2
    72
    M. BEZZECCHI
    +0.444
    3
    12
    M. VIÑALES
    +1.209
    4
    41
    A. ESPARGARO
    +2.585
    5
    33
    B. BINDER
    +2.721
    6
    43
    J. MILLER
    +3.045
    7
    89
    J. MARTIN
    +4.340
    8
    36
    J. MIR
    +8.185
    9
    88
    M. OLIVEIRA
    +8.325
    10
    42
    A. RINS
    +8.596

    BONE 

    Editor: MM

    BACA JUGA

    Race MotoGP Assen 2022, Drama! dari Quartararo Jatuh Sampai Grimis, Murid Rossi 1-2, Disusul Vinales!