nhk

Bukan Bule Biasa

ManiakMotor – Seri pembuka Indoprix digelar di Sentul bulan lalu, seorang bule mondar-mandir di sekitar paddock.  Dia seolah penasaran dengan beberapa tim road race unggulan Tanah Air. “Road race di sini merupakan bisnis besar di sini,” ujar Herman Tolboom. Dia ini usianya di atas 50 tahun dan tinggal di Belanda. Mau jajah lagi ya, meneer.

Lalu apa urusannya road race dengan bule itu? “Saya diajak ReSofyan mengamati dari dekat bagaimana dunia balap roda dua,” ujarnya. Rupanya, Herman ini konsultan pada industri perlengkapan balap khususnya pakaian balap mulai dari atas sampai bawah. Dan di Sentul kali ini adalah untuk membantu Reza menangani bisnis industri ini dengan baik dan benar.

“Salah satu kelemahan pebisnis di dunia balap adalah konsistensi,” ujar Herman. Maksudnya, soal kualitas harus selalu dijaga dan pengembangan outlet juga harus terus dilakukan. Jangan hanya berdiam diri saat bisnis lagi bagus,” kata Herman sambil memegang baju dalam balapnya Harlan Fadilah.

Reza yang menyimak obralan ManiakMotor dengan Herman, membenarkan masukan dari bule itu. Reza mengaku alasan mengundang bule Belanda itu, salah satunya adalah untuk memberi bimbingan bagaimana berbisnis di dunia balap dengan sukses. “Boleh dibilang, semacam investasi tapi dari sisi manajerial dan konsep kerja,” jelas Reza yang tinggal di Cikutra, Bandung.

Ah, kirain mau jajah lagi dia. YZ85

 

BERITA TERKAIT:
Supri, 14 Tahun Menyetel Pelek Jari-Jari
Paso Sticker, Ahlinya Efek Gradasi
Sumardi Lestari, Peracik Gigi Rasio Dari Solo
Pengrajin Kulit Jok, Oim Saja Namanya
Mantan Artis Ahli Krom
Helmy Sungkar Sudah 60 Tahun
Bukan Bule Biasa
Bupati Yang Doyan Motor
Haposan, Ahli Honing Indonesia

 

 

 

BAGIKAN