Bukan Hanya Mesin! Nih Perbedaan CVT LEXi 155 2024

Maniakmotor – Yamaha Lexi LX 155 memang langsung viral dengan mesinnya yang lebih besar. Tapi rupanya  Yamaha Lexi LX 155 juga mendapatkan sentuhan baru yang bikin tenaga makin dapat lagi.

Ferry Nurul Fajar dari tim Technical & Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing memberikan bocoran soal komponen CVT Yamaha Lexi LX 155.

Menurut Ferry, CVT Yamaha Lexi LX 155 ini punya kemiripan dengan Yamaha Aerox 155. Dari diameter pulley, derajat kemiringan pulley, lebar v-belt, hingga bobot rollernya, mirip tapi beda sikit.

Soalnya, ada keunikan tersendiri yang bikin Lexi LX 155 beda. Ferry ungkap bahwa perbedaan terletak pada gear rasio, terutama yang dekat dengan roda belakang. “Gear rasio belakangnya Lexi baru ini punya mata yang lebih sedikit,” terang Ferry.

Hal menariknya, Lexi LX 155 tidak menggunakan gear rasio yang sama dengan Yamaha Aerox 155, NMAX, dan Lexi 125.

Ferry memberi tahu bahwa gear rasio Lexi LX 155 dibuat berbeda untuk menyesuaikan torsinya yang kini semakin besar.

“Dengan mata gear rasio belakang yang lebih sedikit, tujuannya jelas: mengimbangi torsi dari mesin yang semakin besar,” ujar Ferry.

Ya maksudnya biar bro yang gak biasa bawa motor jengat, tidak terkaget-kaget saat memakai motor ini.

Gear rasio yang berat, artinya kan diferensiasi perputaran mesin ke roda semakin pelan. Tapi justru itu, pasti terbantu torsi mesin LEXi 155 yang kuat.

Yang ada, top speed juga bisa nambah tuh!

RAIDER