nhk

Bukan Hanya Mobil, Motor pun Jalan Sendiri Dengan Gyroscopic

cyclotron-02

ManiakMotor – Motobot – itu lo robot bikinan Yamaha – aja sudah bisa ngebut dengan sepeda motor. Masak Manusia masih menunggang kuda besi. Berarti, kuno dong! Tidak, sudah ada insinyur yang menciptakan sepeda motor jalan sendiri yang diberi nama Cyclotron.

Cyclotron masih dalam bentuk konsep berupa sepeda motor yang tertutup ciptaan insinyur mekanik Charles Bombarbier. Hanya bisa membawa dua penumpang yang saling berhadapan dan terbebas dari panas dan debu.

So, begitu kedua penumpang sudah berada di dalam, Cyclotron langsung jalan sendiri yang digerakkan oleh motor listrik terdapat di kedua roda. Pengnisian baterai dilakukan secara nirkabel. Bahkan kita bisa menjual atau membeli listrik dengan yang sama, tapi dalam jangkauan.

Tidak dijelaskan kecepatan maksimum berapa. Lantas, bagaimana mengurangi atau menambah kecepatan dan menghentikannya. Juga, siapa yang mengarahkan cyclotron ketika hendak belok kiri, kanan atau putar balik arah.

Urusan menikung atau posisi tegak, Charles memakai sistem gyroscopic. Bergerak dengan cara yang aneh dan seperti melawan gravitasi. Fungsi lain menjaga kendaraan tetap tegak, juga stasioner. Sistem ini banyak dipakai pada pesawat yang jumlahnya lusinan. Bahkan ruang angkasa Rusia Mir menggunakan 11 giroskop untuk menjaga orientasi matahari.

Semuanya tampak cukup futuristik. Nah, teknologi yang berbeda di balik konsep tersebut telah diuji pada produk lain. Menarik untuk disimak bagaimana Cyclotron berkembang.Maliq

BACA JUGA

Generator Yamaha, Kebutuhan Paddock, Rumah Dan Bengkel Umum

Ini Rekor Baru Kecepatan Tertinggi Sambil Wheelie

Tips Motor: Ini Jenis Busi, Jangan Sampai Salah Pilih

BMW Motor Persiapkan Sasis Serat Karbon

BAGIKAN