Bukan Tiang Jemuran! Biar Gak Asal Pakai Spoiler Batman, Ini Fungsi Jaring di Belakang Aprilia RSGP Tes Sepang 2024

Maniakmotor.com – Maklumlah kalau belum tahu, pasti jarang nonton F1. Kayak mimin juga begitu, makanya di sini kita belajar bareng-bareng biar tahu. Ampun suhu, kalau udah tahu duluan, hehe.

Namanya, Kiel Probe. Boleh juga bro sebut, Aero Rack. Intinya alat ini adalah anakan variasi Pitot Tube. Fungsi tabung pitot ini adalah mengukur tekanan udara.

Ini kita ngomongin jarum-jarum yang menghadap ke depan itu bro. Di dalamnya ada tabung pitot yang akan tersiram aliran angin dari depan.

Ya namanya alat ukur, fungsinya biar gak main kira-kira. Jadi ada data realnya, apakah paket aerodinamis mereka bekerja atau kagak.

Kalau kayak gini, namanya bukan main feeling lagi bro. Tapi pakai uji coba langsung. Otomatis kesalahan pengukuran down force juga diminimalisir.

Nah, kelebihannya alat ini bekerja secara manual. Kagak perlu disetting-setting, hanya sesimpel dipakai. Lalu data keluar dan memberikan feedback.

Artinya, mereka orang Aprilia bisa kembali utak-atik paket Aerodinamis lagi. Kan ada data yang bisa mengkoreksi, sehingga ada bagian yang bisa dibenahi.

Intinya, bisa jadi karena alat ini, di hari berikut atau tes Qatar ada pengubahan spoiler batman Aprilia. Kalau enggak ada, justru udah mantap, karena bisa dinilai lewat alat tersebut.

MM