nhk

Busi Brisk LGS 360 Derajat Digunakan Leon Chandra (Racetech) Pada Mesin MP1

Mr. Giman dan Leon Chandra

ManiakMotor – Leon Chandra adalah mekanik yang punya insinyur. Dengan bendera Racetech saat ini pegang banyak tim papan atas di Oneprix dan IMS. Kalau dia bicara busi Brisk digunakan pada mesin-mesin MP1 korekannya, pasti lewat ujicoba yang telah teruji.

Baru lalu seluruh MP1 pegangannya diberi busi Brisk. “Busi Brisk ini buatan Eropa. Sudah pasti punya mutu. Digunakan di mesin MP1 dan Sport TU, langsung tokcer tuh. Saya pakai Brisk tipe LGS. Ini apinya satu layar yang melingkar 360º. Reaksi pembakarannya sangat respon. Tidak ada gejala gagal bakar,” tutur Leon saat ditemui sedang melakukan testing MX-King MP1 milik Revolution Liquid Ratna yang pembalapnya Wawan Welo di Sentul Kecil.

Leon tidak banyak menyesuaikan pada mesin-mesin MP1 korekannya ketika dipasangi Brisk. Dia tetap menggunakan pakem kompresi sesuai karakter permbalap. Perbandingan kompresi yang selalu digunakan Leon antara 14,2:1 paling rendah dan paling tinggi 14,5.

Kata Leon bila ada yang mengeluh Brisk LGS pada putaran atas agak mbrebet, karena penggunaan koil yang aneh-aneh, “Koil nggak jelas ini umumnya charging time-nya selalu meleset, maka sulit diterima busi,” papar Leon yang tahun ini berkerjasama dengan Brisk Motor Indonesia. Doski menjadi konsultan tekniknya alias technical supportnya. Setiap ada kesempatan silakan yang pakai busi Brisk ke Leon saja.

 

 

Busi 1 layar 360 derajat

Itulah busi Brisk yang sudah ada di Indonesia lewat PT Brisk Motor Indonesia. Brisk mulai diproduksi sejak 1935 di Tábor, Republik Ceko. Busi canggih! Kandungan materialnya silver, bikin konduksinya seperti kilat biru tajam dengan kecepatan 66 ms/m. Elektrodanya dibikin sendiri oleh pabriknya yang sudah 80 tahun mensuplai busi pada pabrik-pabrik otomotif di dunia dari busi standar sampai racing.

Semua busi Brisk unggul adalah pembakarannya. Macam-macam tipe layarnya. Kebetulan yang direkomendasi Leon adalah tipe LGS, “Ya, busi racing tidak selamanya satu jarum tajam ke atas. Malah ada yang tidak mempunyai kepalanya yang Brisk juga punya. LGS malah membakar memutar 360º dan memang akan mencari titik pembakaran terdekat pada kepala silinder,” tambah Leon.

Yang ingin melihat langsung pembakaran LGS yang 1×360º lihat video ini. LGS  dilengkapi empat kaki sebagai pijakan percikan apinya. “Bagi yang ingin informasi soal kode yang cocoknya untuk motor apa? Silakan buka website kami www.briskmotorindonesia.com,” tutur Mr Giman dari Brisk Motor Indonesia yang bermarkas di Kebun Jeruk III, Jakarta Kota. MM

Busi satu susun

 

 

 


Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353