nhk

Busi Brisk Racing Pakai Pengantar Perak, Cepat Reaksinya..! Iridium Mah Putus…

Busi racing silver. Buat balap motor mantap

ManiakMotor – Sebelumnya telah ditulis secara umum busi Brisk, coba baca ini. Mari  difokuskan pada busi racingnya. Nggak seperti tipe busi Brisk tipe yang lain punya layar 360º bahkan sampai tiga susun dengan pengapian melingkar, busi racingnya malah terlihat sederhana.

Brisk Silver Racing

Maksudnya bentuk busi Brisk yang tipe racing, seperti umumnya busi. Ada celahnya yang gapnya bisa diatur. “Tapi bahannya memiliki keunggulan pada elektroda dan keramik  membungkus pengantar listriknya. Listrik tetap fokus tembus pada kepala busi dengan sasaran membakar kecepatan gas ala racing di ruang bakar. Tipe busi ini GS,” kata Giman juru bicara PT Briskbusi Indonesia.

Ingat elektroda dan insulator keramiknya diproduksi sendiri oleh Brisk yang sudah 80 tahun dijual di Eropa sana. Pusatnya ada di Ceko, dekat sirkuit Brno, hehe. Brisk digunakan oleh mobil-mobil mahal macam Ferrari, Lamborghini, VW, Volvo, Audi, Skoda, Opel dan sebagainya. Juga diginakan pada motor BMW, Norton, Triumph, Ducati dan sebagainya.

Nah itu jaminannya. Jadi, kepercayaan elektrodanya mampu mengatar arus dengan rapi sampai tujuan. Kecepatannya 60 ms/m. Itu sama saja real time atau saat itu juga nyampe. Nggak jalan-jalan dulu!

Batang busi pengantar setrumnya atau elektrodanya bukan iridium yang katanya paling ampuh. Salah itu! Justru iridium lebih murah dari perak atau silver yang digunakan pada Brisk. Perak digunakan sejak terminal awal yang ditancapin cop busi sampai di ujung busi atau centre electrode yang ada di ruang bakar, “Termasuk ground electrode-nya yang satu dengan ulir busi itu menggunakan silver,” tambah Giman.

Di dunia kelistrikan elektronik, silver memang jadi bahan andalan, makanya harganya mahal. Kecepatan mengirim setrum dari besaran ampere sampai volatasenya tidak berubah. Utuh arusnya yang dikirim dari koil menuju busi. Misalnya yang diantar 30 ribu volt, ya segitu yang sampai ke ruang bakar. Makanya untuk busi GS ini dijual Rp 220 ribu.

Tapi jangan khawatir,  ada versi murahnya yang kualitasnya setara, yakni tipe copper atau tembaga. Nah busi ini persis busi biasa dan memang diperuntukan buat yang umum. Tapi diklaim buat kompresi tinggi khas racing bisa digunakan. Harganya cuma Rp 50 ribu untuk semua merek dan tipe motor.

Silakan hubungi 081212216860 dan 0878-8833-7718/WA untuk tanya-tanya dan boleh juga ke @BRISKMOTORINDONESIAMM

BAGIKAN