nhk

Busi Brisk Super Racing Copper, Jauh Dari Iridium Mah

Busi Brisk

ManiakMotor – Percaya deh dengan busi Brisk tipe termurah atau Brisk Super. Memang elektroda pusat busi buatan Ceko merajai Eropa ini dari copper atau tembaga.  “Namun elektroda dibungkus keramik khusus buatan Brisk. Ingat, hanya Brisk satu-satunya busi dunia yang diproduksi bersamaan antara keramik dan elektrodanya. Mereka punya pengalaman sebagai pabrik busi sejak 78 tahun lalu,” bilang Mr Giman dari Brisk Motor Indonesia yang juga menjual tipe iridium busi Brisk.

Dengan keramik yang dirancang bersamaan dengan elektrodanya, antara keduanya pegangannya sangat kuat, rapat dan padat. Pengiriman arus dari koil utuh sampai ruang bakar. Itu arus nggak tekor dalam perjalanannya pada busi. Ledakan pembakarannya pun otomatis besar. Makanya busi Brisk Super yang satu ini masih bisa dikategorikan racing.

Buat harian dan balap

Karena keramik dan elektroda dirancang bersamaan, tidak meninggalkan celah yang bisa dimasuki partikel ‘nakal’ atau kotoran sisa pembakaran. Partikel kotoran itu yang selama ini jadi musuh busi, nggak akan masuk ke situ. Brisk Super pun awet sepanjang dipakai. Nggak akan pernah drop.

Makanya, kalau ada busi lain mati (bukan Brisk), lalu dicuci dan hidup lagi, itu karena di antara keramik sebagai insulator dan batang elektroda ada celah dimasuki kotoran. Begitu kotoran diusir, busi segar lagi. Tapi akan kembali mati karena celahnya makin membesar. Bahkan ada yang khusus mencari busi mati untuk disiram air keras agar kotoran dari celah tersebut minggat dan busi kembali baru yang diperbarui.

Beda dengan Brisk yang dirancang elektroda dan keramiknya satu kesatuan, nggak ada celahnya, bro. Brisk Super adalah tipe termurah, tapi bukan murahan. Lha wong sebiji aja Rp 50 ribu. Ayo kamu beli, tenaga motor akan bertambah.

Memang bukan iridium, tapi setara karena rancangan tadi. Lagian jangan terlalu percaya sama iridium? Busi iridium di Indonesia itu, namanya saja iridium. Itu benar! Tetapi ujungnya kontaknya doang iridium. Makanya kadang kala mati mendadak, lantaran iridiumnya lepas dari sambungan. Mati dah! Tak mungkin dengan harga ratusan ribu menggunakan seluruh elektrodanya iridium. Iridium itu mahal! Kalau seluruhnya iridium, harga busi bisa di atas Rp 3 jutaan. Itu logam terpadat kedua di dunia bro.

Kembali ke Brisk Super, tersedia untuk semua merek dan tipe motor di Indonesia. Kalau mau tanya-tanya silakan hubungi 081212216860 dan 0878-8833-7718/WA. Atau ke FB Brisk Motor . Dengar-dengar mereka juga membuka partner untuk jadi distributor di seluruh Indonesia. MM

BAGIKAN