nhk

Busi Canggih Brisk Buat Balap Motor Dan Harian, Mobil Juga, Menyala 360 Derajat

Busi Brisk tiga layar 360 derajat

ManiakMotor – Busi canggih! Kandungan materialnya silver, bikin konduksinya seperti kilat biru tajam dengan kecepatan 66 ms/m. Elektrodanya dibikin sendiri oleh pabriknya yang sudah 80 tahun mensuplai busi pada pabrik-pabrik otomotif di dunia. Dari busi standar sampai racing.

Busi 1 layar 360 derajat

Itulah busi Brisk yang sudah ada di Indonesia lewat PT Briskbusi Indonesia. Brisk mulai memproduksi spark plug sejak 1935 dari Tábor, Republik Ceko. “Sudah setahun ini ada di Indonesia. Jangankan busi mobil dan motor, busi pesawat saja diproduksi oleh Brisk,” kata Giman juru bicara PT Briskbusi Indonesia.

Busi racing silver. Buat balap motor mantap

Brisk adalah busi yang sudah lama sekali menyuplai untuk mobil Eropa seperti Lamborghini, VW, Volvo, Audi, Skoda, Opel, dan lain lain. Untuk busi OEM motor salah satunya Husqvarna. “Ada lagi keunggulannya elektroda yang diproduksi sendiri oleh Brisk, yakni keramik elektrodanya. Pegangannya sangat kuat,” tambah Giman.

Buat harian dan balap

Namun paling unggul adalah pembakarannya yang ajaib. Walau namanya racing, nggak melulu tajam ke atas yang katanya fokus, “Nggak begitu. Brisk malah ada yang membakar satu susun layar 360º dan tiga susun 360º. Di dalam ruang bakar, perciakan api menyala melingkari kepala busi,” timpal Indra Santoso dari Tekno Tuner di Jelambar yang sudah menjual busi ini.

Seperti ini menyala tiga susun 360 derajat

Yang ingin melihatnya langsung pembakaran 1×360º lihat video ini dan 3 x 360º ini videonya. Yang 1 x 360º tipenya adalah LGS yang dilengkapi empat kaki sebagai pijakan percikan apinya. Tipe LGS ini dijual Rp 280 ribu di pasaran. Sedang yang menyala tiga susun tipe Brisk ZS yang dijual Rp 305 ribu. Kedua busi ini untuk mesin putaran dan kompresi tinggi. Buat balap juga.

Busi satu susun

Ada lagi yang tipe copper atau tembaga. Nah busi ini persis busi biasa dan memang diperuntukan buat yang umum. Maksudnya buat harian dan balap juga bisa. Harganya cuma Rp 50 ribu. Busi umum! Ada lagi yang bahannya silver, mau kompresi seberapa pun akan dilayani oleh busi ini, tipenya racing buat balap motor sangat direkomendasi. Harganya Rp 220 ribu.

Selanjutnya akan diulas satu-satu ya sesuai tipenya. ManiakMotor

 

BAGIKAN