nhk

Cairan Antibocor, Tambal Ban Otomatis

ManiakMotor – Profesi si lae tukang tambal ban bisa berantakan dengan cairan yang satu ini. Namanya, M One Super Tire Sealant yang mampu mencegah kebocoran ban walau kena paku dan benda tajan lain. Diandaikan bisa segera menutup 50 lubang ban yang berdiameter 6,8 mm secara bersamaan. Cuanggih, jack. Maka jangan gentar dengan ranjau paku. Juga tidak peduli jalan di tengah hutan. Yiii…

Cairan ini sebelumnya sudah berada di dalam ban. Jadi tidak menunggu ban bocor dulu, baru cairan dimasukkan. Bukan begitu caranya, lae. Lalu? Ya, baca terus dulu ini tulisan. Penulisnya lagi repot menyusun kalimat, supaya semua bisa mengerti dan cairan ini bisa diaplikasi sendiri di rumah. Sabar, ya. Penulisnya merokok dulu…

Caranya mudah, menyambung tulisannya yang masalah. Silakan ke tukang tambal ban untuk pinjam kompresor, kalau ada di rumah yang itu saja yang dipakai. Pompa manual juga bisa, asal kuat genjotnya. Hitung-hitung latihan genjot, pak! Sebab, “Angin di ban harus benar-benar dikosongkan dulu,” kata Yana Ahmad Zaelani, salah seorang ahli cairan dari Planet Ban di Jl. Lenteng Agung No. 8 A, Jakarta Selatan.

Yakin pentil sudah dicabut dan angin telah kosong, kocok tabung cairan dan masukan melewati lubang  pentil. Ngocoknya pelan-pelan, pak, awas muncrat. Hehe, isi satu botol 350 mili liter dengan harga Rp 32.500. Itu hanya untuk satu ban. Untuk dua ban, ya dua botol, dong.

Di klaim cairan ini mampu bertahan 18 bulan di dalam ban.Tapi ada tata caranya, “Saat ban motor tertusuk paku, langkah awal cabut pakunya dan lekas putar beberapa kali rodanya. Abis itu, posisikan lubang tadi di posisi paling bawah. Niscaya otomatis cairan segara menutupnya dan angin tidak sempat keluar,” tambah Yana sembari bilang, cairan ini hanya berfungsi pada ban tubeless. Kalau masih ban dalam, ya rugi dong baca tulisan ini.

Iya sama ruginya dengan si ito, kan si lae kekurangan yang mau tambal ban. Adit

TIPS LAINNYA

Filter Bensin Dari Sloki

Mengatasi Sil CVT Pecah

Setel Deck Clearance Lewat Paking

 

BAGIKAN