nhk

Cara Setting Pilot-Jet Suzuki Satria FU, Nggak Bakal Batuk-Batuk

Suzuki FU Tips

ManiakMotor – Dar-der-dor, tembakan Suzuki Satria FU150 saat gas dilepas dan diiringi guk..guk..guk, kayak orang batuk. Mana bisa guk-guk-guk disebut batuk, itu guguk. Akibat jaing ini, power mesin menggonggong. Itu terjadi pada FU150 produksi paling anyar sekali pun! Tentu yang karburator, bukan yang injeksi.

Gejala itu juga bikin mesin gampang panas. Dibiarkan, ya, tidak apa-apa. Paling hanya cabut dompet kalau tiba-tiba rusak parah. Belum lagi kenyamanan tarikannya turun drastis. Percuma punya motor mesin tegak, kalah dengan mesin tidur.

Nih, Jajang Mulyana, pemilik sekaligus mekanik bengkel Mulya Motor Speed punya cara mengatasinya. “Sumber masalah ada pada settingan karburator. Ukuran pilot-jet bawaan pabrik pada motor ini terlalu kecil. Kayaknya sengaja, biar irit. Besin dibikin miskin,” kata Jajang yang mangkal di Jl. Cisaranten Kulon No.63, Bandung, Jawa Barat.

Tinggal ganti pilot-jet yang aslinya 12,5, agar jadi kaya pangkal boros. Bukan boros pangkal miskin, to. Ukuran ini diganti dengan 15, agar bensin lebih kaya. Batuk-batuk, eh, guk-guk dari knalpot bakal hilang. Benar.

Ganti pilot, sebelumnya melepas karburator. Kan pilot ada di dalam karburator. Ooo, iya, kirain pilot itu dipasang di ban! Ayo, janga kebanyakan melawak, langsung buka bodi atas dan samping motor, pake obeng plus. Beres? Langsung sasar lepas karburator. Obennya sama buat buka bautnya. Baru mainkan obeng min buat membuka tutup karburator berikut pilot.

Mudah kan. MM

BAGIKAN