nhk

Carl Fogarty Goncangkan Glemseck, 16 Tahun Absen Masih Jawara

carl-triumph-glemseck

ManiakMotor – Meski sudah 16 tahun pensiun dari arena balap motor, ternyata Carl Fogarty yang mantan juara dunia superbike 4 kali (1944-1945, 1988-1999) masih hebat, bro. Buktinya, kelahiran Inggris 51 tahun itu nongol di acara Glimseck 101 dekat Leonberg, Jerman dan ikut balap – salah satu acara – yang memakai jalan raya seperti Isle of Man.

Foggy – panggilan akrab Carl – tampil bukan membesut Honda atau Ducati yang pernah membesarkan namanya di superbike. Penerima gelar akademis sebagai Honorary Fellowship dari University of Central Lancashire (UCLan), Inggris ini menunggang Triumph Thruxton R yang juga asal senegara.

Triumph Thruxton R yang bertenaga 96 HP sudah dipersiapkan maksimal sehingga tenaganya melonjak jadi 139 HP. Lonjakan fantastis itu lantaran mesin dipasangi dengan supercharger Rotrex. Trus, bodi yang model naked dipasangi fairing meniru model Daytona 675R untuk mendapatkan efek aerodinamis, dan lengan ayun diganti yang terinspirasi dari motogp.

Hasilnya, Foggy berhasil memenangkan balapan yang dilepas dua-dua dan berlangsung pekan lalu (4/9). Di final, ia bertemu dengan Kawasaki H2R yang terkenal gahar tenaganya. Berkat punya pengalaman balap, ia pun berhasil menyingkirkan Kawak tersebut.

“Ini pertama kali aku kembali ke arena perlombaan. Jelas, ini sangat menyenangkan. Tim di Triumph melakukan pekerjaan yang brilian, terutama mempersiapkan motor. Saya tidak bisa lebih bahagia dengan kemenangan di tangga teratas podium,” ujar Foggy dengan senyumnya. Maliq 

BACA JUGA 

WSBK 2016 : Marco Melandri Balap Lagi Sama Ducati, Di arena Ini 

Racing Look WSBK Pada Ninja 250 Fi: Terasa Naik Superbike 

WSBK Laguna Seca 2016 FP: Yamaha dan Ducati Repotkan Kawasaki, Hayden Belum Bisa Senyumkan Pendukungnya

BAGIKAN