nhk

Carloss Tech Spesialis Rasio (Solo); Bisa Bikin Tenaga Motor ‘Tak Ada Matinya’

 

ManiakMotor – Solo layak disebut ‘kota’ drag bike. Komunitas balap lurus menjamur di sana, mekanik papan atas ada di sana. Makin lengkap dengan beragamnya pilihan ahli gigi rasio. Cerita rasio, adalah reduksi gigi dari gigi ke gigi. Hitungan yang tepat bisa menyalurkan terus nyambung. Itu sama dengan mesin di trek lurus nggak ada matinya.

Itu soal hitungan. Hitungan tanpa material yang kuat, ya rontok.  “Kendalanya tidak semua produk after market yang tersedia sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Bila sudah begitu, tak ada pilihan lain kecuali pesan ke ahli rasio,” komentar AB Bendol yang diangguki Pele yang terkenal dengan Jupie Pele-nya sambil tunjuk Carlos Tech di Jln. Joko Tingkir, No 1, Pajang, Solo, Jateng ahli rasio yang dimaksud.

Artinya yang ditunjuk mereka sudah paham dengan material, hitungan dan racikan. Hitungan bila sudah sekelas Pele dan Bandol harus presisi sesuai karakter mesin yang mereka buat. Misalnya, jarak yang ditempuh harus sesuai dengan putaran mesin. Belum lagi saat pindah gigi, menukiknya rpm juga sebagai tenaga ulang dan sekaligus tidak merugikan jeda oper persneling.

Makanya bengkel bubut milik Dodo Kurniawan ini menjadi langganan mereka, ya mereka mekanik papan atas drag bike itu. Bukan hanya drag, mekanik road race macam Merit (Solo) juga ikutan. Ada juga grasstrack macam Imam Syafi’i (Semarang), motocross (Deny Orlando).

“Soal harga kadang malah lebih mahal dibanding beli jadi (after market) dikisaran Rp 2-3,5 juta. Tapi komposisi dan ukurannya bisa dibuat sesuai permintaan. Bahkan, Mas Dodo bisa bantu merumuskan racikan yang pas, alhasil tenaga yang tersalurkan pun mantap dan nggak drop,” jujur Pele yang sudah membuktikan racikan Dodo (sapaan akrabnya) yang awalnya dikenal jago naik stroke itu.

Ambil contoh Ninja Tune-up korekan Bima Aditya yang di event TDR Indramayu lalu podium kedua dengan catatan  7,120 detik, “Dia minta bawahnya berat tapi atas kencang dan tengah rapat, komposisi yang disusun (15/29, 19/28, 20/25, 22/23, 21/20 dan 22/19),” sebut Dodo yang punya 4 putra itu sambil bilang angka toleransi antar celah gigi 0,05 dan 0 untuk porosnya.

Nah, untuk material Dodo pakai VCN150, SCM440, ASAP 0705, dan VCN150. Ini bahan metal yang umum. Toh, soal ketangguhan bahan ini diberikan garansi 6 bulan bro! “Untuk Jupiter saya pakai komposisi 15/33, 18/30, 22/30, 22/22, sedangkan aftermarket yang tersedia  13/36, 18/33, 21/29, 23/26,” sambung Mlethis dari markasnya di Jogja sana.

Oke deh, lebih lengkap bila ingin konsultasi lebih silahkan hubungi (081226022666).  Ardel

BACA JUGA  

Yan Motor: Mengudara Lewat Bengkel Vespa

Sulim Ahli Bubut Sasis Dari Depok

JJ Airbrush, Ekspor Ke Malaysia

BAGIKAN