Cedera Saraf Mata, Marc Marquez Terancam Kembali Absen di 2022? Kapan Bisa Tampil Lagi?

Maniakmotor – Juara dunia delapan kali Marc Marquez yang melewatkan beberapa seri awal 2020. Menyelesaikan musim ini dengan kembali absen lagi, pasca cedera kepala yang menyebabkan diplopianya itu.

Sangat disayangkan, karena sebenarnya belakangan doski sudah mulai menemukan kekuatannya. Dari yang terlihat kesusahan ketika menunggangi motor RCV213nya. Doski bisa juara di sirkuit anti clockwise di Sachsenring, bahkan kemenangan beruntun di COTA dan Misano.

Marc Menang di GP Misano 2

Setelah dilakukan pemeriksaan, “Marc mengalami kelumpuhan saraf kanan keempat dengan keterlibatan otot oblik superior kanan,” tukas dokter yang merawatnya. “Saraf kanan ini sendiri sebenarnya sudah pernah terluka pada tahun 2011”, tambah sang dokter.

Pada tahun 2011 doski absen selama empat setengah bulan. Yang saat itu akhirnya membutuhkan operasi oleh Dokter Sanchez Dalmau.

“Ini adalah cedera yang sama dengan yang ia alami di kelas Moto2. Ini adalah saraf bukan tulang, sehingga ini adalah sesuatu yang sedikit lebih rumit, dan lebih halus. Sehingga kami harus tenang dan lihat bagaimana kelanjutannya.” Tukas Alberto Puig sang manajer tim Repsol Honda itu.

“Namun satu hal yang pasti, dokter bersifat positif. Dan kesembuhan Marc adalah hal yang pasti. Kami hanya perlu bersabar, dan tidak mengulang kesalahan yang sama dengan lengan Marc tahun lalu.” Tambah sang bos yang waktu itu menjadi bahan caci makian netizen karena memaksakan pembalapnya itu.

Dengan waktu penyembuhan yang kira – kira berentang empat sampai lima bulan itu. Marc terancam tidak bisa mengikuti seri awal MotoGP 2022 yang akan dimlai dari tes Sepang di 5-6 Februari nanti, dan tes pertama di Mandalika pada 11-13 Februari.

“Ini tahun kedua kami mengakhiri dan memulai musim tanpa pengembangan dari pembalap yang banyak memenangkan balapan.” Jelas Puig sambil melihat kebelakang. “Bukan skenario terbaik, tapi balapan memang tidak selalu sesuai keinginan.” Tutup sang Bos.

Raider