nhk

Chain Guard, Dari Balap Ke Harian

ManiakMotor – Safety riding (SF) dan safety gear (SG) di balap memang paling toplah. Bandingkan saja yang tewas di jalanan tiap hari dengan yang koit di sirkuit. Sepanjang tahun tanpa ada pembalap tewas, misalnya, jangan sampai deh. Di jalanan Indonesia rata-rata 6 nyawa melayang saban hari, waduh. Sebab, SF dan SG di balap motor jadi syarat utama. Jatuh dan patah atau lecet, itu sih biasa. Mainan laki-laki.

Chain guard salah satunya, alat yang masuk dalam SG. Di buku kuning atau buku yang mengatur balapan Indonesia, sudah diwajibkan penggunaannya pada balap bebek. Fungsinya memang banyak. Paling utama melindungi anggota tubuh pembalap tidak terjepit antara rantai dan sprocket, saat terjadi kecelakaan.

Di seri pertama MotoPrix 2013 region 2 di Serang, Banten pada 9-10 Maret 2013, beberapa tim sudah memasangnya. Namun masih ada yang keliru penempatannya. Seharusnya, peranti ini berdekatan dengan sproket. “Saya sudah baca semua peraturan teknis di buku kuning. Sekalian saja saya pasang pada semua motor,” ujar Eko Fabrianto, mekanik dari tim Yamaha Warid pada peranti yang wajib di balap ARRC itu. “Tinggal diatur saja cara pemasangannya, karena belum ada keseragaman,” timpal Hari Sakti Prabowo alias Mlentis, juru korek tim Yamaha Yamalube FDR KYT Trijaya.

Alat ini sebenarnya di balap motor dunia, sudah ada sejak motor balap itu dibikin. Di special engine motocross, telah terpasang di lengan ayun sejak motornya dijual. Kinerjanya meluruskan putaran rantai alias tensioner walau terjadi guncangan. Juga berfungsi meluruskannya bila rantai putus. Aman, tidak bakal melejit ke mana-mana. Paling utama mencegah benda dari luar masuk di antara gir dan rantai. Nah, bila pemasangannya di tengah lengan ayun, fungsinya apa?

Bagi pengendara harian yang telah melepas penutup rantai, silakan pakai chain guard ini. Kan meniru keamanan balapan yang tebukti safety, brosist. Adit

TIPS LAINNYA:

Tips Cegah Stater Matik Macet

Tips Standar: Ganti Bohlam Honda Supra X Sndiri

Bikin Membran Standar RX-King Jadi Racing

Ukuran Dan Kode Kadaluarsa Ban Motor

Kohar Bebek Yamaha 4-Tak, Pakai Piston Blitz Joy, Ngacirrrr..!

 

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353