Chicane Redbull Ring Jadi Musuh atau Teman Quartararo? Gedein Torsi, Otomatis Kurangi Top Speed dan Sebaliknya!

Maniakmotor – Bukan sudah rahasia lagi bagi orang-orang yang ada di paddock MotoGP dan bahkan penonton bahwa motor Yamaha M1 milik Fabio Quartararo adalah salah satu motor terpelan di grid MotoGP, Red Bull Ring Austria yang sangat mengandalkan power motorpun jelas jadi salah satu sirkuit yang tidak digemari Quartararo.

Sirkuit yang dulu pernah terjadi crash mengerikan tersebut juga telah merubah layout sebelum tikungan ke-2nya dengan menambahkan chicane baru, tempat dimana pada tahun 2020 kejadian crash Morbidelli dan Zarco yang melayangkan motor Morbidelli sehingga hampir menghantam kepala Valentino Rossi yang berada di tikungan ke-2.

Untung saja tidak ada yang mengalami cidera parah pada peristiwa tersebut, tetapi tetap saja setelah peristiwa itu panitia sirkuit sudah diwajibkan untuk membuat perubahan pada layout yang ada.

Setelah perubahan yang dilakukan, hasilnya Redbull ring Austria sekarang menjadi sirkuit yang lebih pelan di atas kertas. Perubahan ini seharusnya memberikan keunggulan bagi pasukan Yamaha dan Quartararo yang selalu kesulitan ketika bermain di Red Bull Ring yang menuntut akselerasi dan top speed baik.

Quartararo sendiri pernah berkata bahwa kemampuan hard brakingnya mampu menutup gap yang diberikan lawannya pada trek lurus red bull ring yang panjang. Namun, kondisi Yamaha saat ini sepertinya berubah, dengan top speed menjadi kelemahan utama dan kekuatan utamanya terletak pada kecepatan tengah tikungan atau corner speed.

Oleh karena itu justru chicane baru yang ditambahkan sebelum tikungan ke-2 dapat menjadi satu lagi rintangan bagi Quartararo. Karena malah dapat membantu rivalnya seperti Ducati yang dapat memanfaatkan akselerasinya yang kuat untuk keluar dari chicane atau Aprilia yang memanfaatkan kemampuan hard braking yang sangat dekat, seperti yang dicontohkan Aleix Espargaro pada lap terakhir sirkuit Assen dimana doi berhasil makan 2 pembalap sekaligus.

Para pembalap MotoGP belum mencoba chicane baru Austria ini. Namun ada kemungkinan besar chicane baru yang “memperlambat” sirkuit Red Bull Ring yang diperkirakan dapat membantu motor Yamaha yang lelet di trek lurus malah menjadi rintangan baru bagi Fabio Quartararo jika rival-rivalnya di klasemen malah mendapat keunggulan dari chicane tersebut.

BONE 

BACA JUGA

Mantan Jagoan UB130 ARRC Taiga Hada akan Gantikan Rodrigo di Pertamina SAG Hingga Akhir Musim!