nhk

Corsa Matic Race Serang, Banten 2015: Balapan Tanpa Persneling Tetap Ada Peminat

ManiakMotor – Balap matik masih tetap menarik, buktinya ada pesertanya. Bahkan mencapai 200-san starter. Macam itulah  KRS Corsa Matic Race yang berlangsung di  sirkuit Maulana Yusuf kota Serang, Banten pada Minggu 8 Februari 2015.

Tahu sendiri bagi pehobi balap matik, tahun lalu mereka ditinggal event yang berlogo Pertamina. Kelanjutannya nggak jelas. Tahun-tahun sebelumnya malah ada dua promotor yang bikin dengan meriah, juga putus, tus, tus di tengah jalan. Jadinya motor balap matik tahun lalu banyak nganggurnya, kecuali pertengahan Januari  2014 di Cimahi, Jabar, juga ada dan pesertanya lumayan.

Memang balap matik masih tumbuh di daerah tertentu. “Baru kawasan Jabar, Banten dan Jakarta yang ramai. Tapi kalau konsisten diadakan, saya rasa akan tumbuh ke daerah lain. Ayo dong jangan kalah dengan drag bike. Dan semoga ban Corsa akan terus mendukung. Bagaimana pun, sponsor adalah penunjang hidupnya balap,” jelas Irfan Chupenk, pembalap senior Tasik, Jabar yang belakangan memang mengkhususkan diri di matik.

PT Multistrada Arah Sarana Tbk (MAST) yang membuat Corsa memang mengeluarkan ban khusus matik. Tipenya R46 yang diklaim untuk balap dan harian. Makanya dipromosikan pada event yang dikemas dalam bentuk nyaris semua kelas pesertanya matik. Makanya disebut matik race.

Ada 15 kelas yang dibuka dan hanya dua supporting race dari bebek. Berarti 13 kelas memanjakan para pembalap matik dari semua kategori, pemula dan seeded. Motor-motor yang nganggur kembali digas di kota Serang.  “Memang untuk matic race di Banten, MAST Cuma mendukung tiga seri. Di luar Banten tetap ada beberapa event khusus matik yang ditunjang Corsa,” bilang Nurfil Aiman, humas PT MAST.

Balap matik ada dua fungsi bisa dipetik. “Untuk sekadar hobi-hobian dan pembibitan awal matik adalah wadahnya.  Buat yang berumur sudah tua-tua cukup balap pakai matik, kan hobi, seperti saya. Buat pemula yang benar-benar baru mau mau balap atau dari umur 8 tahun sampai  13 tahun, balap matik masih bisa jadi jembatan ke sport atau ke bebek yang ada persnelingnya,” tambah Chupenk.

Oke deh. Pratama   

BACA JUGA

Hasil Matic Race Corsa, Serang, Banten 8 Februari 2015

Corsa Matic Race NHK Serang, Banten 2015: Ujian Ban Corsa R46 Di Lintas Kering Dan Basah 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353