Curi Start di Trek Jerez, Luca Marini Ungkap Sisi Bobrok RC213V 2024! Siap MotoGP Portimao 2024?

ManiakMotor.com — Sudah curi start duluan. Luca Marini dengan Repsol Honda, memanfaatkan jatah konsensi yang berlaku untuk tes sebanyak 2x di Sirkuit Jerez usai MotoGP Qatar kemarin. 

Mantan pembalap VR46 Ducati ini, kini lebih ekstra mempersiapkan balap utama kedua di Portimao, Portugal akhir pekan nanti (Minggu, 24 Maret 2024). Bersamaan dengan itu, doi spill kebobrokan dari Honda yang ditunggangi selama tes, yap, mengingat posisi dirinya di Qatar yang berada di urutan ke-20, miris.

Bagi Marini, hal yang paling lemah dari RC213V-nya kala itu adalah feeling motor yang kurang oke terutama di area tikungan. Doi menilai perlu usaha keras untuk mengontrol di area tersebut.

Selain itu, adik tiri dari Valentina Rossi itu juga ungkapkan kuda besi besutan Honda tersebut memiliki pengaturan yang terlalu banyak beban di bagian depan. Sementara itu, gaya berkendara oleh Marini sendiri terletak pada posisi yang tinggi sehingga memberikan lebih banyak beban pada ban. Hal tersebut, akan semakin diperparah kondisinya bila dirinya tidak berada keseimbangan yang sempurna.

“Sebelumnya, saya menaruh terlalu banyak beban di bagian belakang. Posisi saya lebih tinggi dan lebih berat dibandingkan yang lain sehingga saya terlalu membebani ban sehingga saya mengalami masalah dalam balapan dengan suhu atau penurunan kualitas ban,” jelas Marini dilansir dari Crash pada Kamis, 21 Maret 2024.

Dengan segala kelemahan dari RC213V yang Marini analisis. Dirinya juga menjabarkan proses usaha keras doi dan tim Repsol Honda mengembangkan motor tersebut. Di sirkuit Jerez, Spanyol, kemarin Marini dan tim berhasil mengaplikasikan perbaikan atas kekurangan-kekurangan yang teknisi mereka temukan pasca balapan di Qatar sebelumnya.

Dari situlah, kuda besi yang ditunggangi Marini untuk Portimao beberapa hari lagi, meninggalkan jejak secercah ekspetasi baik. Mengapa begitu?

“Kami (tim) melakukan perubahan pada motornya. Setelah GP Qatar, usai menganalisis semuanya. Kami memahami apa saja yang buruk dari motornya. Sekarang, kami mencoba memperbaikinya. Kami berada dalam kondisi yang lebih baik sekarang,” ucap pembalap asal Italia tersebut, memvalidasi harapan baik dari khalayak.

“Itu adalah ujian yang sangat bagus. Saya rasa kami menemukan basis untuk motor yang bekerja dengan sangat baik di Jerez. Saya harap ini juga berhasil di sini. Akan menarik untuk dilihat, di trek berbeda, apakah semuanya baik-baik saja atau tidak,” tutup Marini.

MotoGP Portugal 2024 di Sirkuit Portimao sendiri akan dilaksanakan segera pada akhir minggu ini, yakni tepatnya di Minggu, 21 Maret 2024. Kita saksikan perkembangan dari pabrikan satu ini yang sedang apek-apeknya.

-XiuXiu-