nhk

Dari Spesifikasi Suzuki GSX R150 2017, Harusnya Laku Keras Bangat

Suzuki GSX R150
Spesifikasi sih harusnya laku keras

ManiakMotor –Dari data mesin yang berseliweran harusnya Suzuki GSX R150 atau S150 laku keras, pakai bangat. Penyaluran tenaganya lewat torsi dan rpm, ok punya di kelasnya. Ditunjang pula iklim pasar yang masih menerima tipe sport 150 cc, walau PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) agak terlambat merespon sport 150. Buktinya kan baru sekarang setelah era Suzuki RGR 150 yang 2T pada 80-an.

Saat diuji di terowongan angin

Engine DOHC atau sama dengan All New Satria F150 dan memang basisnya dari situ, tapi tenaga lebih besar. Apalagi begitu, harusnya langsung diterima pasar macam Satria FU yang jadi legendaris bebek PT SIS.

Berfairing dengan tipe sport yang pipa rangkanya lebih banyak, bobotnya pasti lebih berat dari F150, “Maka ada seting ulang pada ECU yang menyesuikan dengan mesin. Bahkan menggunakan injecktor 10 hole. Hasilnya tenaga lebi besar sesuai beban yang ditariknya,” kata kepala divisi serivis PT SIS 2W, Riecky Patrayudha yang mengklaim, besaran tenaga motornya unggul di kelasnya.

Mesin bertenaga besar dari basis F150

Ukuran tenaga GSX-R150 dan S150 pada putaran mesin 10.500 rpm adalah 14,1 kW (18,9 dk). Torsi 14 Nm di 9.000 rpm. Bila dibandingkan dengan merek lain pada line up yang sama, topnya tenaga dan torsi GSX didapat pada rpm lebih tinggi. Tetap saja dia lebih unggul macam bebek F150 di kelasnya saat sama-sama std. Jaminan laris kan.

Tenaga ini juga diyakini akan mulus menarik bodi GSX R150. Alasannya, susuanan bodi GSX sudah melewati kajian terhadap hambatan angin. Fairingnya terbentuk sesuai petunjuk penampilan dan aliran udara saat melaju (aerodinamika). Itu sudah diuji di terowongan udara atau wind tunnel di Hamatsu, Jepang. Pokoknya dijelaskan betul soal hambatan angin itu pada motor yang sudah mulai didistribusikan pada dealer-dealer Suzuki se Indonesia. Katanya sih Februari sudah diluncurkan.

Harga juga bersaing dengan lawan-lawan sekelasnya. Nih harganya, yang R150 dibanderol Rp 29 jeti dan S150 adalah 25 jeti. Tinggal tergantung uletnya pihak marketing PT SIS menjadikannya bak kacang goring. Itu tadi, data spesifikasi mendukung laku. MM

BAGIKAN